Forgot Password Register

Intip Yuk Aturan Ketat Timnas Indonesia Demi Raih Gelar AFF 2018

Intip Yuk Aturan Ketat Timnas Indonesia Demi Raih Gelar AFF 2018 Bima Sakti saat berlatih dengan para pemainnya. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Pantau.com - Persiapan untuk target juara di AFF Cup 2018 tak lepas dari rangkaian latihan dan taktik. Timnas Indonesia, asuhan Bima Sakti tak melupakan sisi yang sangat penting yaitu menjaga pola makan pemain, baik dari kadar gizi dan protein Stefano Lilipaly dan kawan-kawan.

Skuad Garuda akan melakoni laga perdana Grup B AFF Cup 2018 dengan bertandang di kandang Timnas Singapura, Stadion Nasional Singapura, Kallang pada Jumat (9/11/2018) pukul 19.00 WIB. Aturan ketat diberlakukan PSSI sepanjang perhelatan turnamen dua tahunan tersebut.

Dokter tim Skuad Merah Putih, Syarief Alwi Maruapey mengatakan pihaknya selalu berkoordinasi dengan koki hotel tempat para pemain menginap. Pasalnya, mereka harus mendapatkan menu makanan yang sesuai standar atlet seperti sayur, buah, karbohidrat, protein, yoghurt dan vitamin.

Para pemain Timnas Indonesia saat menikmati makanan yang sediakan oleh tim dokter. (Foto: Dok. PSSI)

"Menu setiap hari harus ada sayur, buah, karbohidrat, protein, yogurt, dan ditambah vitamin. Makanan juga tidak boleh ada santan, jangan terlalu asin, jangan terlalu manis, dan tidak pakai msg," ujar Syarief, seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

"Pemain dilarang memakan makanan yang banyak mengandung minyak dan pedas. Kerupuk juga tidak boleh ada di menu kami. Pemain juga tidak boleh jajan di luar. Pemain sangat mematuhi aturan ini, kalaupun mereka lapar di luar jam makan ada menu snack yang disediakan pihak hotel," jelasnya.

Kawasan red district di Singapura, Geylang. (Foto: Istimewa)

Dilarang Keluar Hotel

Belajar dari berbagai macam pengalaman dalam event olahraga. Seperti yang terjadi di Asian Games 2018 lalu, beberapa pemain tim basket Jepang terlihat keluyuran di malam hari. Keempat atlet itu bermain ke 'red district' Jakarta sambil mengenakan seragam tim nasional, alhasil pihak JOC memulangkan para pemain yang membuat malu negaranya.

Karena itu, pemain Timnas Indonesia dilarang untuk keluar hotel pada malam hari. Aturan tersebut dibuat untuk menjaga fokus, kebugaran, dan kondisi pemain.

Adanya aturan ketat itu, disambut baik oleh gelandang Timnas, Lilipaly. Menurut pemain naturalisasi itu aturan itu memiliki tujuan supaya para pemain bisa menjaga kondisi agar bisa tampil dalam performa maksimal.

"Kami sebagai pemain profesional dan sedang membela timnas Indonesia sangat senang dengan aturan ini. Menu makanan kami juga tidak ada masalah, karena itu bagus untuk kami juga. Selain itu kami juga harus pandai mengatur waktu terutama jam istirahat agar tampil maksimal di setiap pertandingan," tukasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More