Pantau Flash
Lahir dengan Koneksi Internet dan Medsos, Gen Z Waspadai Depresi
Fasilitas Kilang Aramco Diserang, Saudi Genjot Pemulihkan Produksi Minyak
Jelang Setahun Gempa Sulteng, 216 Narapidana Belum Kembali
Lampu Tenaga Surya akan Terangi Wilayah Terpencil di Kalimantan Barat
Gelandang Persib: Tolong Hentikan Kekerasan Pada Sepakbola

Kalah dari Singapura, Buruknya Mental Timnas Indonesia

Kalah dari Singapura, Buruknya Mental Timnas Indonesia Beto saat berduel dengan pemain Timnas Singapura, Irfan. (Foto: Antara/ Sigid Kurniawan)

Pantau.com - Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Singapura pada laga perdana babak penyisihan Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Nasional, Singapura, Jumat 9 November 2018. Skuat Merah Putih takluk dengan skor 0-1 lewat gol yang dicetak Harris Harun pada menit 37.

Aroma kekalahan Indonesia sejatinya sudah tercium sejak awal laga. Hansamu Yama Pranata dan kawan-kawan yang terlihat gugup mengakibatkan sulitnya Timnas Garuda untuk mengembangkan permainan di awal laga.

Bola dari kaki ke kaki yang biasa ditunjukkan para Timnas Indonesia pun seolah lenyap. Sebagai gantinya, para penggawa Merah Putih justru memainkan long ball yang mengarah ke barisan bertahan tuan rumah. Sayangnya, umpan-umpan panjang tersebut tidak ada yang berbuah peluang.

Baca Juga: Laga Perdana AFF Cup 2018, Indonesia Dikalahkan Singapura


Sementara itu, permainan pressing yang diterapkan Singapura semakin membuat para pemain Indonesia kelimpungan. Skuat asuah Fandi Ahmad itu sukses mematikan pergerakan dua winger Timnas yaitu Febri Haryadi dan Irfan Jaya.

Sejumlah pergantian yang dilakukan Timnas Indonesia pun tidak berbuah banyak. Meski secara permainan, skuat Garuda mulai berani keluar menyerang di 20 menit akhir babak kedua.

Tidak hanya soal mental yang tertekan, para pemain Timnas Indonesia juga tidak bisa mengontrol emosi mereka di menit-menit akhir paruh kedua. Hal itu terlihat dari I Putu Gede yang harus menerima kartu kuning kedua di pengujung laga.

Kondisi mental itu pun diakui pelatih Bima Sakti menjadi kendala terbesar Timnas Garuda saat menghadapi Singapura semalam. Dia mengatakan akan segera memperbaiki kondisi mental para pemainnya tersebut.

“Ini pekerjaan rumah buat saya, bagaimana bisa membangkitkan mental para pemain ke depannya. Saya sudah mengingatkan mereka di latihan, karena ini merupakan partai pertama dan pasti banyak tekanan,” kata Bima.

Baca Juga: Dikalahkan Singapura, Bima Sakti Harapkan Indonesia 'Move On'


“Ada emosional yang tidak terkontrol. Tanggung jawab saya untuk mengontrol pertandingan yang merugikan tim tadi. Akhirnya merugikan kita juga,” lanjut Bima.

Dengan kekalahan ini, Timnas Indonesia menempati peringkat empat klasemen sementara Grup B Piala AFF 2018. Selanjutnya, skuat Garuda akan menghadapi Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGB), 13 November 2018.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta
Penulis
Tatang Adhiwidharta
Reporter
Reza Saputra
Category
Olahraga

Berita Terkait: