Pantau Flash
Jokowi Akan Undang Kapolri Senin Pekan Depan Tanya Kasus Novel
Menteri Tjahjo Ingin ASN Tetap Kerja 5 Hari dalam Seminggu
Basuki Akui Pembangunan Tol Kunciran-Serpong Sempat Terhenti 10 Tahun
Erick Thohir: Kasus Motor Harley Davidson Termasuk Kriminal
Polda Jabar Sebut Tol Layang Jakarta-Cikampek Beroperasi 15 Desember 2019

Kalsium Terpenuhi saat Diet? Bisa Kok, Cobain 5 Cara Ini Deh

Kalsium Terpenuhi saat Diet? Bisa Kok, Cobain 5 Cara Ini Deh Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kamu sedang diet? boleh-boleh saja tapi kamu juga harus memperhatikan jumlah nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk kalsium. Karena kalsium memainkan peran penting dalam kesehatan dan fungsi jaringan otot dan saraf. 

Kalsium tak hanya didapat dari susu, tetapi makanan vegan lainnya. Jika tak mendapatkan cukup kalsium, tubuh akan kekurangan kalsium yang dapat menyebabkan osteoporosis dan gangguan tulang lainnya.

Pada artikel ini, kamu akan mengetahui berbagai cara untuk mendapatkan lebih banyak kalsium meski sedang diet.

Baca juga: 7 Manfaat dari Pineberry alias Strawberry Putih untuk Kesehatan Tubuhmu

1. Pastikan untuk mendapatkan lebih banyak vitamin D

Ilustrasi tahu (Pixabay)

Sangat penting untuk kamu memasukkan banyak makanan yang mengandung vitamin D saat sedang diet. Dilansir Boldsky, karena vitamin D membantu penyerapan kalsium yang lebih baik dan vitamin ini membantu memfasilitasi penyerapan kalsium dari usus dan memperlambat laju pengeluaran kalsium.

Untuk mendapatkan jumlah vitamin D yang baik, coba tambahkan jamur atau tahu yang sehat ke dalam makananmu.

2. Pilih makanan yang diperkaya kalsium


Ilustrasi tahu (Pixabay)

Untuk memastikan kamu mendapatkan banyak kalsium meski sedang diet, kamu harus melengkapi makanan dengan makanan dan minuman yang diperkaya kalsium. Selain produk susu, kamu bisa mendapatkan kalsium dari sereal sarapan dan sayuran berdaun hijau lainnya yang telah diperkaya dengan kalsium.

3. Hindari minuman berkarbonasi 


Ilustrasi tahu (Pixabay)

Dipercaya bahwa mengonsumsi minuman berkarbonasi dalam jumlah yang lebih besar dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap dan mempertahankan kalsium. Asam fosfat yang hadir dalam minuman berkarbonasi dapat mencegah adsorpsi kalsium dari lambung ke dalam aliran darah. 

Pertimbangkan untuk mengganti minuman berkarbonasi atau bersoda dengan jus jeruk segar, jus jeruk, jus jambu biji karena mereka semua dikemas dengan vitamin C.

Baca juga: 4 Bahan Alami Ini Manjur untuk Putihkan Ketiak

4. Pilih makanan non-susu 


Ilustrasi tahu (Pixabay)

Ada banyak makanan non-susu yang tinggi kalsium dan ketika dikonsumsi dapat memberikan asupan kalsium harian.  Kacang kaya akan kalsium seperti almond dan kacang Brasil diyakini mengandung sekitar 100 mg kalsium per porsi. 

Salmon kalengan dan oatmeal juga merupakan sumber kalsium yang bagus yang bisa ditambahkan ke dalam makanan untuk meningkatkan asupan kalsiummu.

5. Alternatif susu non-susu 


Ilustrasi tahu (Pixabay)

Ada banyak alternatif susu non-susu seperti susu beras, susu almond, susu rami, yang juga merupakan sumber kalsium yang sangat baik.

Tetapi pastikan kamu memilih susu yang mengandung nutrisi tinggi. Misalnya, susu kedelai memiliki nutrisi yang mirip dengan susu sapi seperti protein, karbohidrat, dan lemak. Periksa label dan lihat kandungan kalsium untuk melihat susu alternatif mana yang cocok untukmu.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: