Forgot Password Register

Kemenhub akan Salip Kerja Menteri Basuki yang Tak Gunakan APBN

Kemenhub akan Salip Kerja Menteri Basuki yang Tak Gunakan APBN Menteri PUPR, Basuki Hadi Mulya (kedua dari kiri) (Foto: Pantau.com/Nani Suherni)

Pantau.com - Mengekor pada pelaksanaan proyek Kementerian Pekerjaam Umun dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), Kementerian Perhubungan akan siap menyalip.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perhubungan Djoko Sasono mengatakan akan mengkuti skema pembangunan infrastuktur Menteri PUPR, Basuki Hadi Mulya. 

"Kami ingin lebih belajar dengan pak Basuki. Semoga kami bisa mengalip. Saya yakin banyak yang akan memburu proyek kami," ungkap Sasono dalam agenda creative and innovative finance, di hotel Melia, Bali, Senin (8/10/2018).

Baca juga: Jokowi Akhirnya Bersuara Soal Pro-Kontra IMF-WB 2018 di Bali

Perlu bahwa sistem infastruktur dengan skema KPBUnya ini tidak menggunakan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Pembiayaanya akan diberikan oleh perbankan dengan badan penjamin yakni PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII). 

Dalam hal ini, Kementerian Perhubungan perhubungan baru melakukan untuk proyek kereta api Makassar Pare-pare.

Padahal KemenPUPR sebelumnya sudah menggunkan skema ini di beberapa proyek seperti pembangunan jalan tol Batang-Semarang, Balikpapan-Samarinda, Pandaan-Malang dan Manado-Bitung, Jakarta-Cikampek II Eleveted, Krian-Legundi-Bunder-Mauar, Cileunyi-Sumedang-Dawuan, Serang-Panimbang, Probolinggo-Banyuwangi dan Jakarta-Cikampek II Sisi Selatan.

Baca juga: Rupiah Nyaris Rp15.300, Sri Mulyani akan Sowan ke DPR Bahas Asumsi Rupiah di RAPBN 2019

Ada juga proyek yang baru digarap yakni Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Semarang. 

Menanggapi statement Sekretasi Jenderal Kemenhub, Menteri Basuki juga mengatakan, bahwa sebelumnya, Menhub Budi Karya tidak mengetahui banyak soal skema pembiayaan ini.

"Ulang tahun PII, saya ajak Menhub ketemu. Beliau bilang, PII apa itu? penjaminan. Ya kalau mau nyalip ya more than happy pak," ujarnya sambil tertawa. 


Share :
Komentar :

Terkait

Read More