Pantau Flash
Gibran ke DPD PDIP 12 Desember Mendatang Bawa Pasukan 302 Orang
Bahas Petrokimia, Pimpinan Pertamina Temui Jokowi di Istana Negara
Rusia Dilarang Ikut Olimpiade Buntut Skandal Doping
Kemenhub Klaim Tol Jakarta-Cikampek Jadi Lintasan Favorit Selama Mudik
Catat! Siswa Magang Berhak Dapat Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Komisi III: MenkumHAM Hanya Sepotong-sepotong Sampaikan RKUHP ke Jokowi

Komisi III: MenkumHAM Hanya Sepotong-sepotong Sampaikan RKUHP ke Jokowi MenkumHAM Yasonna sedang berbicara dengan Anggota Komisi III DPR (Foto: Antara)

Pantau.com - Wakil Ketua Komisj III DPR RI Erma Suryani Ranik memberikan kritik kepada pemerintah terkait dengan penundaan pengesahan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Menurut Erma, MenkumHAM Yasonna Laoly tak memberikan informasi yang lengkap dari RKUHP.

Untuk diketahui sebelumnya DPR dan pemerintah melalui KemenkumHAM sepakat bahwa RKUHP akan dibawa kepada pembahasan tingkat II atau dibawa ke Rapat Paripurna untuk disahkan pada 24 September 2019. Hanya saja, RKUHP menuai polemik sehingga Jokowi meminta DPR menunda pengesahan.

"Kritik saya satu, saya melihat ini menteri hukum dan HAM ini tidak mengupdate secara detail pasal-pasal terkait RKUHP kepada Presiden. Saya melihatnya stag-nya disitu," kata Erma di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Baca Juga: Ketidakpastian Penundaan RKUHP Mengganggu Hubungan Legislatif dan Eksekutif

Padahal kata Erma, semua fraksi partai di DPR sudah menyepakati isi dari pada RKUHP begitu juga dengan MenkumHAM. Karena ada informasi yang tak utuh disampaikan ke Presiden ia sangat menyesalkan.

"Yang ada Informasi sepotong-sepotong, informasi ga jelas sehingga presiden juga saya memahami kalau presiden ga nyaman," tuturnya.

Sementara di sisi lain, Erma menegaskan bahwa adanya RUKHP ini dibuat bukan sengaja untuk melindungi presiden. Akan tetapi menurutnya untuk kepentingan rakyat yang utama.

Baca Juga: Soal Penundaan RKUHP, PDIP Sebut Jadi Jokowi Tak Otoriter

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Bagaskara Isdiansyah
Category
Nasional

Berita Terkait: