Forgot Password Register

Lagu Galau Justru Buat Pendengarnya Lebih Bahagia, Kenapa?

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Saat seseorang sedang patah hati, banyak yang menyarankan untuk tidak mendengarkan lagu-lagu yang berisikan tentang kesedihan. Namun faktanya, mendengar lagu berlirik patah hati justru membuat pendengarnya merasa lebih baik.

Hasil penelitian di Jepang telah membuktikan, mendengarkan musik ballad dan bertempo lambat bisa memicu timbulnya emosi positif.

Hal ini terjadi karena musik bertema sedih bisa mengingatkan orang akan film-film atau situasi romantis. Perasaan romantis ini akan membuat orang merasa lebih bahagia secara signifikan.

Baca juga: Kenali Kepribadianmu Lewat Selera Musik

Penelitian ini dilakukan terhadap 44 responden yang beberapa di antaranya merupakan musisi dan non-musisi. Para responden diminta mendengarkan dua jenis musik yang didefinisikan sebagai 'musik sedih' dan 'musik bahagia'.

Hasilnya, para partisipan merasa lebih berpikiran positif saat mendengarkan musik sedih. Partisipan cenderung berpikir bahwa lagu mellow itu menyiratkan kisah yang lebih tragis dan tidak bahagia ketimbang pengalaman hidup mereka sendiri ketika mendengarkannya.

Umumnya, lagu sedih memang mendorong pendengarnya merasakan kesedihan, dan rasa sedih itu termasuk dalam emosi negatif. Tapi jika lagu sedih benar-benar hanya menimbulkan emosi negatif, kita tidak akan mau mendengarkannya.

Karena musik yang dianggap menyedihkan itu sebenarnya juga mendorong stimuli otak untuk memunculkan emosi yang romantis. Dan orang, terlepas dari tingkat kemampuan musikalitasnya, merasa ada kebutuhan untuk mendengarkan lagu mellow ketika perasaannya sedang sedih.

Baca juga: 'Kelumpuhan Musikal' pada Orang Usia di Atas 28 Tahun

Jadi jika kita mengalami emosi yang tidak mengenakkan yang sering muncul dalam keseharian, musik sedih mungkin bisa bantu mengurangi emosi negatif.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More