Forgot Password Register

Lulus Kuliah Cumlaude Tapi Masih Pengangguran? Mungkin Ini Masalahnya

Lulus Kuliah Cumlaude Tapi Masih Pengangguran? Mungkin Ini Masalahnya Indigo Triplett (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Memiliki nilai bagus di bidang akademik memang impian bagi setiap orang karena ini bisa menjadi tolak ukur kemampuan berpikir dan intelegensi diri, karenanya tak jarang orang belajar mati-matian demi hal itu.

Tapi tahukah kamu, ada yang lebih penting dari sekedar belajar, yaitu meningkatkan softskill atau kemampuan dan keahlian tertentu dalam satu bidang.

Seperti pengalaman seorang dokter wanita asal Amerika Serikat Indigo Triplett yang pernah kuliah dan selalu mendapat nilai bagus. Namun suatu saat, tiba-tiba nilainya anjlok, tapi dia cukup tersentak dengan pernyataan salah seorang dosennya.

"Kata dosen saya, 'Nilai A tidak akan buat kamu kaya'. Jadi yang paling penting adalah softskill akan kemampuan diri," ujar Indigo dalam acara 'Indonesian Women's Forum' di Ciputra Artpreneur Lotte, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (9/11/2018).

Baca juga: Karir di Indonesia Bagus, Kenapa Anggun Pindah ke Luar Negeri?

Jadi, penting untuk mencari sebanyak mungkin pengalaman sesuai bidang karir yang kamu inginkan, karena kita akan menemukan banyak hal seperti relasi, cara memecahkan masalah dan praktik langsung di lapangan.

Kamu juga mungkin sering menjumpai concealer atau konsultan di bangku kuliah atau sekolah yang membantu untuk menemukan pekerjaan yang cocok sebagai karir. Tapi faktanya, ternyata hal itu tidak cukup membantu banyak loh.

"Tidak membantu juga. Mereka (konsultan) mungkin bisa membantu menemukan pekerjaan pertama, tapi bagaimana kita bisa mendapatkan karir kita, adalah diri kita sendiri," paparnya.

Baca juga: Dion Wiyoko Masih Tunda Punya Momongan Demi Fokus ke Karir

Sebagai orang yang lahir dan besar di negeri Paman Sam, wanita yang juga seorang penulis buku sekaligus pembicara itu mengatakan pentingnya mempelajari dunia entrepreneurship atau dunia usaha. 

Lebih lanjut Indigo mengatakan, negara sekelas adidaya Amerika pun besar karena para bisnis kecil yang membuat roda perekonomian justru terus berputar.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More