Forgot Password Register

Marcella Zalianty Inisiasi Komik Pahlawan Aceh 'Keumalahayati'

Peluncuran komik Keumalahayati di auditorium Perpustakaan Nasional, jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (21/5/2018). (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati) Peluncuran komik Keumalahayati di auditorium Perpustakaan Nasional, jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (21/5/2018). (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati)

Pantau.com - Aktris Marcella Zalianty menginisiasi pembuatan komik "Keumalahayati", pahlawan perempuan asal Aceh. Marcella mengakui dirinya memang banyak terinspirasi dari sosok laksamana perempuan pertama itu. 

"Laksamana Keumalahayati merupakan srikandi penjaga laut kerajaan Aceh. Keumalahayati merepresentasikan sosok perempuan yang bukan lagi sebagai tanah yang menunggu dan menumbuhkan. Tetapi sebagai laut yang menyuarakan keberanian. Beliau perempuan yang tidak menunggu nasib tapi menetukan nasib," kata Marcella saat peluncuran komik Keumalahayati di auditorium Perpustakaan Nasional, jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (21/5/2018).

Baca juga: Tolak Tawaran Main Film, Marion Jola dan Bianca Jodie Fokus Rilis Single

Keumalahayati, diakui Marcella memang tidak terlalu lazim dikalangan generasi muda, bahkan namanya tidak pernah disebut dalam buku pelajaran sejarah. Sebab itu Marcella memilih medium komik untuk mengenalkan sosok Keumalahayati kepada anak-anak muda. 

"Penting sekali kita mulai dengan komik, dengan harapan bisa masuk ke generasi milenial. Karena kalau lewat buku sejarah pasti bosan," tambahnya. 

Komik yang ditulis oleh Edna Caroline dan ilustrasi, Ardian Syaf itu menceritakan kisah hidup Keumalahayati yang berjuang menjaga kedaulatan tanah airnya yang saat itu tiga kerajaan besar Eropa, yakni Belanda, Inggris, dan Portugis yang tengah bersaing menguasai dan menanamkan pengaruh dijalur perdagangan nusantara. 

Tidak mudah untuk 'melukiskan' cerita Keumalahayati dalam komik. Ilustrator komik Ardian mengatakan butuh waktu sampai dua tahun untuk pembuatan 'Keumalahayati.'

"Lama sekali bukan menunggu tapi intens terus dilakukan pengumpulan buku, jurnal, tesis sampai bertemu para ahli sejarah di Aceh," kata Ardian. 

Baca juga: Tampil Total di Film The Gift, Benarkah Reza Rahadian dan Ayushita Sempat Depresi?

Marcella menambahkan, rencananya komik tersebut akan dibuat dalam dua seri dan satu episode spesial sebagai prolog film 'Keumalahayati' yang juga tengah dalam penggarapan. 

Dalam peluncuran tersebut turut hadir Ketua Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia Triawan Munaf, mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, juga penampilan pembacaan puisi dari Prilly Latuconsinna dan Teuku Rifnu. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More