Forgot Password Register

Mayday 2018, Buruh Demo Tolak Perpres Tenaga Kerja Asing

Konpers KSPI (Foto: Pantau.com/Sahat Amos Dio) Konpers KSPI (Foto: Pantau.com/Sahat Amos Dio)

Pantau.com - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan melakukan aksi unjuk rasa pada peringatan hari buruh atau Mayday yang jatuh pada 1 Mei 2018 nanti.

Salah satu agenda yang akan disuarakan pada aksi itu adalah penolakan terhadap Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA).

"Tolak TKA, peraturan berkaitan TKA. Buruh kasar China pulangkan sudah, cabut Pepresnya," ujar Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta, Selasa (24/4/2018). 

Baca juga: KSPI Akan Deklarasi Capres Pilihan Buruh Saat Mayday, Siapa?

Menurut Said, gabungan dari beberapa serikat maupun organisasi buruh akan bergabung dalam melakukan aksi demonstrasi memperingati hari buruh. 

"Mayday nanti di Jakarta 150 ribu orang. Mulai jam 10.00 WIB long march dari Patung Kuda ke Istana. Aksi demo dilakukan anggota se-Jabotabek," ujarnya.

Baca juga: KSPI: Agen Buruh Kasar TKA Harus Diperiksa

Agar demonstrasi saat Mayday berlangsung kondusif, kata Said, pihaknya akan terlebih dulu melakukan koordinasi dengan instansi terkait. 

"Kami akan koordinasi tanggal 29 April dulu. Kami bertemu dengan Bapak Kapolri, diundang untuk pertemuan informal sambil makan malam. Di situ, kami minta polisi untuk membantu kami mengatur. Sehingga, titik kumpul di hari libur mudah-mudahan tidak macet," katanya. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More