Forgot Password Register

Menko Darmin Sebut Turunnya Ekspor di 3 Negara karena Situasi Dunia

Menko Darmin Sebut Turunnya Ekspor di 3 Negara karena Situasi Dunia Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor Indonesia Februari 2019 mencapai USD12,53 miliar atau menurun 10,03 persen dibanding ekspor Januari 2019. Demikian juga dibanding Februari 2018 menurun 11,33 persen. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, situasi dunia saat ini masih belum pulih. Tercermin dari angka ekspor ke tiga negara tujuan terbesar RI.

"Nah jadi ini memang situasi dunia masih terus berubah belum pulih, ekspor kita ke 3 negara (China, Amerika Serikat, Jepang), tadinya ke Jepang masih positif, sekarang tiga-tiganya sudah negatif," ujarnya saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jumat (15/3/2019).

Baca juga: Ekspor RI untuk 3 Negara Besar Merosot, BPS Beri Komentar

Sebelumnya, Kepala Badan Pusat Statistik, Suhariyanto mengatakan ada beberapa negara yang mengalami sumbangsih penurunan cukup tinggi namun ada pula yang mengalami peningkatan. 

Peningkatan dan penurunan terbesar ekspor nonmigas ke beberapa negara tujuan diantaranya  yang mengalami penurunan ekspor yakni Amerika Serikat sebesar PP USD238,7 juta, Tiongkok USD191,1 juta dan Jepang sebesar USD162,3 juta.

Baca juga: Pangsa Impor RI Masih Didominasi China, Khususnya Laptop

Suhariyanto menilai hal ini mesti diwaspadai sebab ketiga negara tersebut merupakan pangsa pasar ekspor terbesar RI.

"Ini perlu jadi perhatian, karena ekonomi global suasanya agak gloomy dari World Bank misalnya, prediksi pertumbuhan ekonomi global turun dari 2,3 persen ke 2 persen, AS dari 2,9 persen ke 2,5 persen, demikian juga dengan Tiongkok, jadi ini tantangan utama ketika kita ingin genjot ekspor," paparnya.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More