Forgot Password Register

Mulutmu Harimaumu, Presiden Duterte Ditantang Tes Narkoba oleh Senator Filipina

Mulutmu Harimaumu, Presiden Duterte Ditantang Tes Narkoba oleh Senator Filipina Senator Filipina Antonio Trillanes . (Foto: Reuters/Czar Dancel)

Pantau.com - Anggota Senator Filipina menantang Presiden Rodrigo Duterte untuk melakukan tes narkoba setelah sang presiden bercanda tentang dirinya yang telah menggunakan ganja selama konferensi regional di Singapura.

Duterte, yang telah berperang melawan narkoba telah membunuh hampir 5.000 tersangka pengedar dan pengguna narkoba sejak 2016. Sebelumnya, Duterte menyatakan bahwa dirinya menggunakan ganja untuk tetap terjaga, namun kemudian ia menjelaskan bahwa pernyataan itu hanyalah bercanda.

Penggunaan ganja di Filipina merupakan tindakan ilegal dan para kritikus mengatakan bahwa usaha humor Duterte memicu kemarahan kerabat mereka yang mati dalam kampanye anti narkoba.

Baca juga: Presiden Filipina Akui Dirinya Gunakan Narkoba untuk Basmi Gembong Narkoba, Serius?

"Sekarang, jika ia benar-benar ingin membersihkan dirinya, saya menantang ia untuk melakukan tes narkoba," ucap senator Antonio Trillanes dalam sebuah pernyataan pada Rabu (5 Desember 2016).

Juru bicara Presiden Duterte, Salvador Panelo menyebutkan bahwa presiden tidak akan mengambil tantangan tersebut.

"Dia seharusnya yang melakukan test itu," kata Panelo merujuk kepada tantangan senator Antonio Trillanes, seperti dikutip Reuters, Kamis (6/12/2018).

Dalam sebuah pidatonya pada Senin lalu, Presiden Duterte mengatakan bahwa dirinya menggunakan ganja untuk membuatnya tetap terjaga, pernyataan itu dikatakan saat pertemuan di KTT ASEAN di Singapura, di mana ia dikabarkan telah melewatkan beberapa pertemuan.

Baca juga: Ada-ada Saja, Presiden Duterte Lewatkan Agenda KTT ASEAN karena Tidur Siang

Share :
Komentar :

Terkait

Read More