Forgot Password Register

Orangtua Harus Tahu, 3 Langkah Mencegah Gigi Anak Berlubang

Orangtua Harus Tahu, 3 Langkah Mencegah Gigi Anak Berlubang Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Gigi berlubang atau reges memang biasa terjadi pada anak. Namun tak sedikit orangtua yang khawatir dan bahkan takut kondisi itu akan mempengaruhi pertumbuhan gigi anak.

Baca juga: Anak Terlalu Banyak Makan Manis Bisa Mengakibatkan Gigi Reges

Namun, meski gigi reges pada anak masih bisa diatasi lewat penanganan dan perawatan yang tepat, tetapi alangkah lebih baiknya untuk mencegah sebelum terjadi, seperti diungkapkan oleh Dokter Gigi Amaliya dalam acara seminar Kesehatan, Jalan MH Thamrin, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (7/11/2018).

Berikut ini adalah pencegahan terjadinya gigi reges pada anak yang bisa dilakukan orangtua:

1. Beri makanan seimbang

Seimbang yang dimaksud adalah keberagaman asupan makanan dengan gizi beragam. Sering kali karena anak hanya suka makanan tertentu, maka orang tua memberikan menu yang sama setiap hari, sama seperti makanan manis.

"Pakai dot terus minum susu atau minum jus, apapun minuman yang bisa menghasilkan gula, walaupun enggak manis, tapi tetapi mengandung gula, itu bisa menyebabkan lubang kalau kontaknya lama dengan gigi," ujar Amaliya.

2. Orang tua buat aturan tegas

Perlu diingat, tegas bukan berarti melarang anak tidak boleh sedikitpun memakan makanan manis. Boleh, asal diatur tidak terlampau berlebihan atau hingga setiap saat. Boleh diatur makan permen atau makanan manis dua hari sekali.

3. Segera sikat gigi setelah makan manis

Ini jadi kunci utama, karena makanan manis cenderung lengket dan mudah menempel di gigi, maka hal ini patut dilakukan.

Baca juga: Simak Cara Ngerawat Gigi yang Telah Di-veneer Agar Terhindar dari Dampak Buruknya

Jika kita biasa menyikat gigi, saat mandi di pagi dan sore hari. Maka itu bukan hal wajib, karena waktu yang tepat saat bangun tidur dan sebelum berangkat tidur.

"Kalau habis makan-makanan yang manis segera sikat gigi, kalau enggak ada kumur-kumur dengan air bening, air putih, dan terutama seratlah, harus banyak karena serat yang utama," tutupnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More