Pantau Flash
Jubir KPK: Tak Ada Ketentuan Pimpinan Harus Perwakilan Institusi Tertentu
JK Isyaratkan Gerindra Lebih Baik Jadi Oposisi Demi Keseimbangan
Unggul Head to Head dengan Li/Liu, Minions Ogah Pandang Remeh
Tolak Pinangan Barca dan PSG, De Ligt: Saya Mengagumi Juventus
Hingga Akhir 2019, Blok Masela Bisa Dongkrak Cadangan Migas 300 Persen

PBB: Pembunuhan Terencana dan Brutal Jamal Khashoggi Dilakukan oleh Arab Saudi

PBB: Pembunuhan Terencana dan Brutal Jamal Khashoggi Dilakukan oleh Arab Saudi Seorang demonstran memegang gambar wartawan Jamal Khashoggi selama protes di depan Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki. (Foto: Reuters/Osman Orsal)

Pantau.com - Pembunuhan wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi pada tahun lalu di Konsulat Kerajaan itu di Istanbul, Turki, telah direncanakan dan dilakukan oleh para pejabat Arab Saudi, kata pelapor khusus PBB pada Kamis (7/2).

Pelapor Khusus PBB mengenai Penghukuman di luar Pengadilan Agnes Callamard, Sumir dan Sewenang-wenang, baru-baru ini mengunjungi Turki bersama satu tim ahli dalam penyelidikan internasional mengenai pembunuhan wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi.

"Bukti yang dikumpulkan selama misi saya ke Turki memperlihatkan kasus utama bahwa Khashoggi adalah korban pembunuhan terencana dan brutal, yang direncanakan dan dilakukan oleh para pejabat Negara Arab Saudi," kata Callamard di dalam satu pernyataan, sebagaimana dikutip Kantor Berita Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat pagi, 8 Februari 2019.

Baca juga: Sidang Kasus Khashoggi, PBB: Keadilan Arab Saudi Masih Dipertanyakan

"Upaya Turki untuk melakukan penyelidikan seketika; efektif dan menyeluruh; mandiri dan tak memihak; dan transparan --sejalan dengan hukum internasional, telah secara sungguh -sungguh dibatasi dan dirusak oleh Arab Saudi," Callamard.

Menurut pernyataan tersebut, pembunuhan Khashoggi melanggar hukum internasional dan peraturan inti hubungan internasional, termasuk ketentuan bagi penggunaan sah misi diplomatik.

Callamard juga berterima kasih kepada Turki atas dukungannya selama kunjungan pejabat itu ke Turki untuk melakukan penyelidikan internasional mengenai kejahatan tersebut.

Baca juga: Gerah dengan Kasus Khashoggi, Turki Siapkan Penyelidikan Internasional

Khashoggi, kontributor buat The Washington Post, dibunuh di Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober. Setelah memberikan bermacam penjelasan yang bertolak-belakang, Riyadh akhirnya mengakui Khashoggi terbunuh di dalam gedung Konsulat, dan menyalahkan peristiwa itu pada penafsiran operasi yang gagal.

Turki telah mengupayakan pengekstradisian warga negara Arab Saudi yang terlibat dalam pembunuhan tersebut serta pertanggung-jawaban penuh mengenai pembunuhan itu dari Riyadh.

Share this Post:
Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi
Category
Internasional

Berita Terkait: