Forgot Password Register

Pemerhati Pendidikan Setuju Ujian Nasional Dihapus, Asalkan...

Pemerhati Pendidikan Setuju Ujian Nasional Dihapus, Asalkan... Ilustrasi ujian nasional (Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko)

Pantau.com - Pemerhati pendidikan Doni Koesoema mengatakan bahwa Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) harus direvisi terlebih dulu sebelum Ujian Nasional (UN) dapat dihapuskan. Sebelumnya wacana penghapusan UN dilontarkan Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno pada debat cawapres Minggu malam, 17 Maret 2019.

"Untuk menghapus itu (Ujian Nasional), UU Sisdiknas harus direvisi dulu," kata Doni dalam sebuah diskusi di Jakarta, Senin (18/3/2019).

Baca juga: Debat Cawapres, Sandiaga Uno Janji Hapuskan Ujian Nasional

Pihaknya pun mendukung bila Ujian Nasional dihapuskan. Menurutnya, ada banyak manfaat bila Ujian Nasional dihapuskan diantaranya siswa dan sekolah lebih fokus menyiapkan diri menghadapi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

"Kalau SMA-nya tidak mempersiapkan siswa-siswinya dengan baik, sehingga banyak siswanya tidak masuk PTN, sekolah akan dianggap tidak kredibel sehingga akan ditinggalkan," katanya.

Sebelumnya, dalam Debat Cawapres Pilpres 2019 yang berlangsung Minggu (17/3) malam, Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengatakan pihaknya akan menghapuskan Ujian Nasional jika dirinya dan Capres Prabowo Subianto terpilih pada Pilpres 2019.

"Kami akan menghapus ujian nasional," kata Sandi.

Baca juga: Kubu Prabowo-Sandi Akan Gencarkan Pembangunan SDM Jika Terpilih

Menurut Sandi, Ujian Nasional merupakan bentuk pemborosan anggaran dan berpotensi menimbulkan ketidakadilan bagi siswa karena kualitas pendidikan di daerah yang berbeda-beda.

Untuk melakukan evaluasi hasil belajar, Sandi lebih memilih menerapkan sistem penelusuran minat dan bakat terhadap siswa.

"Kami ganti dengan penelusuran minat dan bakat," katanya. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More