Forgot Password Register

Headlines

Peringati 700 Hari Teror Novel Baswedan, Ada Aksi 'Diam' di Gedung KPK

Peringati 700 Hari Teror Novel Baswedan, Ada Aksi 'Diam' di Gedung KPK Aksi diam 700 menit (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati)

Pantau.com - Wadah Pegawai (WP) KPK dan sejumlah Koalisi Masyarakat Sipil peringati 700 hari pasca teror penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan. Mereka memperingati dengan melakukan aksi diam di lobi Gedung KPK, Jakarta Selatan.

Aksi itu dimulai pukul 19.23 WIB. Nampak dua standing banner di sisi kanan kiri para peserta aksi dan beberapa spanduk bergambar wajah Novel dan bertuliskan 'AKSI DIAM 700 HARI PENYERANGAN NOVEL BASWEDAN'. 

Baca juga: Tim Satgas Politik KPK Datangi Kantor DPP Partai Politik, Ada Apa?

Tidak ada orasi, tidak ada teriakan, bahkan kepolisian yang biasa mengawal demonstrasi pun tak ada. Aksi dilakukan dengan sunyi. Ketua WP KPK Yudi Purnomo sebelumnya mengatakan bahwa aksi itu sengaja digelar dengan teatrikal diam selama 700 detik. 

Tepat dibelakang massa aksi terdapat layar hitam yang menghitung mundur waktu. Aksi itu pun dilakukan selama 700 detik.

"Tepat 700 hari ini, kami pegawai KPK meminta pada segenap komponen bangsa untuk sejenak meninggalkan suara nyaring yang terus disuarakan, yang menuntut keadilan, dan melawan kezaliman. Mari selama 700 detik melawan dengan bahasa diam," kata Yudi, sebelum aksi diam dilakukan. 

Setelah waktu 700 detik berakhir, massa kembali bubar. Diketahui, Novel Baswedan disiram dengan air keras oleh dua orang tak dikenal usai salat subuh di masjid dekat rumahnya pada 11 April 2017. Cairan itu mengenai wajah Novel dan melukai sebelah matanya. 

Baca juga: Evaluasi Program Pemberantasan Korupsi, KPK Bertemu Gubernur Jambi

Share :
Komentar :

Terkait

Read More