Pantau Flash
Selamat Tinggal.... Bioskop XXI di Taman Ismail Marzuki Stop Operasi
Ketua MPR: UU Buatan DPR dan Pemerintah Banyak yang Salahi UUD 1945
Bom Bunuh Diri Terjadi di Ibu Kota Afghanistan, 63 Orang Tewas
Pratu Sirwandi, Prajurit TNI Korban Penembakan KKSB di Papua Gugur
Prabowo: Rencana Pemindahan Ibu Kota Sudah Digodok Gerindra Sejak 2014

Pertama Sejak 1965, Mesir Buka Dua Piramida Kuno Tertua bagi Pengunjung

Pertama Sejak 1965, Mesir Buka Dua Piramida Kuno Tertua bagi Pengunjung Sejumlah pengunjung terlihat berjalan di depan Piramida Bent Sneferu, yang dibuka kembali usai restorasi. (Foto: Reuters/Mohamed Abd El Ghany)

Pantau.com - Mesir untuk pertama kalinya membuka situs piramida kuno untuk publik sejak 1965, pada Minggu, 14 Juli 2019.

Melansir Russian Times, Senin (15/7/2019), dua situs piramida kuno itu termasuk piramida Bent yang berusia 4.600 tahun dan mengungkapkan rahasia evolusi dalam konstruksi piramida tersebut.

Menteri Benda Sejarah Mesir, Khaled al-Anani mengatakan, Piramida Dogmatis Alkaa dan Piramida Bent dibuka untuk umum sejak 54 tahun ditutup.

Baca juga: Monster Laut Mengerikan Ditemukan Nelayan Rusia di Samudera Atlantik

Sejumlah pengunjung terlihat berjalan di depan Piramida Bent Sneferu, yang dibuka kembali usai restorasi. (Foto: Reuters/Mohamed Abd El Ghany)

Piramida Bent mempunyai struktur dengan tinggi mencapai 101 meter dan merupakan salah satu contoh yang unik dari pengembangan piramida awal.

Wisatawan dapat masuk dan menyusuri terowongan sempit sepanjang 79 meter di dalam struktur unik piramida untuk kemudian mencapai dua kamar yang berada jauh di dalam piramida.

Baca juga: Patung Firaun Tutankhamun Dilelang di London, Mesir Meradang

Seorang pria berjalan keluar dari sebuah bagian dari dalam Piramida Bent Sneferu yang dibuka kembali usai restorasi. (Foto: Reuters/Mohamed Abd El Ghany)

Arkeolog yang bekerja di sekitar piramida itu menyebutkan telah menemukan reruntuhan tembok kuno yang berusia sekitar 4.000 tahun.

"Beberapa batu, tanah liat, dan sarkofagus kaya ditemukan yang di dalamnya terdapat mumi dengan kondisi yang masih baik," ucap Kementerian.

Untuk diketahui, Piramida Bent dibangun untuk Raha Sneferu, Firaun pertama dari Dinasti ke 4 Mesir. Sebagian piramida bagian bawah dibangun dengan kecuraman hingga 54 derajat dan sebagian besar ditutupi oleh cangkang baru kapur. Sementara itu, pada bagian atas condong ke sudut 43 derajat. 

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi
Category
Internasional

Berita Terkait: