Forgot Password Register

Perundingan Perdamaian Yaman Digelar di Swedia

Perundingan Perdamaian Yaman Digelar di Swedia Menteri Luar Negeri Swedia Margot Wallstrom dan Utusan PBB untuk Yaman Martin Griffiths menghadiri konferensi pers pembukaan pada perundingan damai yang disponsori PBB untuk Yaman di Johannesberg. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Perundingan damai yang didukung PBB antara pemerintah Yaman dan pemberontak Houthi berlangsung sejak Kamis (6 Desember 2018) di Swedia. Pertemuan itu diperkirakan akan berlangsung sekitar 10 hari.

Melansir Anadolu, Sabtu (8/12/2018), Menteri Luar Negeri Swedia Margot Wallstrom dan utusan khusus PBB untuk Yaman Martin Griffiths juga akan menghadiri pertemuan di Johannesburg Castle di Stockholm.

Walsstrom meminta kedua pihak yang bertikai guna rekonsiliasi demi mengakhiri konflik yang telah berlangsung selama empat tahun.

Baca juga: Tinggalkan Saudi, AS Tarik Diri dari Bantuan Perang Yaman

Griffith mengatakan kedua pihak telah sepakat untuk menukar narapidana sebagai tahap pertama dalam membangun kepercayaan. Ia juga mengatakan akan berencana melakukan diplomasi ulang-alik antara kedua pihak yang tidak akan bertatap muka.

Konflik di Yaman telah dirundung kekerasan sejak tahun 2014, ketika pemberontak Houthi menguasai sebagian besar wilayah negara tersebut. Krisis meningkat pada 2015, di mana koalisi pimpinan Arab Saudi melancarkan kampanye udara besar-besaran guna mengambil alih kekuasaan dari militan Houthi. Akibatnya puluhan ribu orang, termasuk warga sipil tewas dalam konflik tersebut. PBB juga telah memperkirakab bahwa sekitar 14 juta warga Yaman berisiko menderita bencana kelaparan.

Baca juga: Kata Inggris, Yaman Bebas Perang Bukan Sekedar Mimpi Lagi

Share :
Komentar :

Terkait

Read More