Forgot Password Register

Headlines

Polisi Terbitkan SPDP, BPN: Prabowo Tidak Bisa Dipidana

Polisi Terbitkan SPDP, BPN: Prabowo Tidak Bisa Dipidana Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdianysah)

Pantau.com - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dipolisikan atas tuduhan dugaan makar. Prabowo telah menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dengan tersangka atas nama Eggi Sudjana dan status Prabowo masih sebagai terlapor.

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade membenarkan bahwa pihaknya telah menerima SPDP tersebut sejak pukul 01.30 WIB.

Baca juga: Beredar Surat Polisi Terbitkan SPDP ke Prabowo, Dilaporkan Kasus Apa?

"Jadi gini, kan pagi tadi 1.30 kami sudah terima spdp itu yang jelas ada beberapa hal pertama spdp itu menyangkut laporan pelapor, pelapor ini melaporkan Eggi Sudjana termasuk pak Prabowo dalam suratnya," kata Andre saat dihubungi, Selasa (21/5/2019).

Menurut Andre, SPDP itu diberikan oleh Polda Metro Jaya yang ditujukan untuk Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Namun ia menegaskan bahwa Prabowo sebagai capres tidak bisa begitu saja dipidana.

"Itu satu yah, dan yang kedua, kami ingin sampaikan pak Prabowo ini kan dilindungi uu, tidak dapat dipidana sebagai paslon presiden," ungkapnya.

"Jadi kami meyakini pak Prabowo tidak bisa dipidana sebagai paslon presiden oleh pihak polisi, karena beliau dilindungi UU. Dengan status beliau sebagai paslon. Jadi surat spdp ini lagi kami kaji dan tentu dir advokasi dan hukum BPN akan segera berkonsultasi dengan pihak kepolisian," tandasnya.

Sebelumnya, beredar SPDP Polda Metro Jaya bernomor B/9150/V/RES.1.24/2019/Datro kepada Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta tertanggal 17 Mei 2019.

Dalam SPDP yang beredar itu tertulis pasal yang dituduhkan kepada Prabowo adalah Pasal 107 KUHP dan atau Pasal 110 juncto Pasal 87 dan atau Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) dan atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1/1946.

Baca juga: Prabowo Gagal Jenguk Eggi dan Lieus di Polda Gara-gara Hal Ini

Prabowo Subianto dinyatakan bersama-sama dengan tersangka kasus makar Eggi Sudjana diduga melakukan tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara/makar dan atau menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan yang dapat menimbulkan keonaran di masyarakat, dan atau menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berlebihan atau tidak lengkap.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More