Forgot Password Register

Headlines

Prabowo Singgung Stok BBM, Bos Pertamina: Bedakan Cadangan Nasional dan Pertamina

Prabowo Singgung Stok BBM, Bos Pertamina: Bedakan Cadangan Nasional dan Pertamina Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati menanggapi pernyataan Calon presiden no urut 02, Prabowo Subianto yang menyatakan bahwa cadangan bahan bakar nasional hanya bertahan 20 hari. 

Nicke mengungkapkan memang standar nasional bahan bakar nasional adalah 18 hari, sedangkan saat ini berada diatas 20-22 terbilang memenuhi standar yang juga ditetapkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). 

"Loh memang kan standard nasional 18 hari, kita di atas 20-22 hari kalau kelebihan kan itu idle juga, memang kita dari ESDM mensyaratkan cadangan 18 hari," ujarnya saat ditemui di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2018).

Baca juga: DME Siap Gantikan LPG, Kompor di Rumahmu akan Berubah

Sementara kata dia standar Amerika Serikat dan Jepang yang masing-masing 300 hari dan 90 hari tergantung kebijakan dari masing-masing negaranya. Namun menurutnya, perlu dibedakan sebab jumlah tersebut hanya cadangan nasional milik Pertamina saja berbeda dengan jumlah total cadangan nasional. 

"Ya seperti Jepang enggak tahu ya kan setiap ini punya policy kita harus bedakan antara cadangan nasional dan cadangan Pertamina ini pertamina kan, cadangan nasional dan Pertamina berbeda," pungkasnya.

Baca juga: Negara 'Panen' dari Penerimaan Migas di Tahun 2018

Sebelumnya, Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyebut cadangan bahan bakar minyak (BBM) hanya bisa untuk 20 hari. Ia juga menyinggung cadangan beras nasional hanya bertahan 3 minggu. 

"Apakah negara yang cadangan bahan bakarnya hanya bisa bertahan 20 hari, cadangan berasnya juga hanya bisa bertahan 3 minggu. Saudara-saudara, apa ini negara yang kuat? Apa ini negara yang bisa langgeng?" kata Prabowo di JCC Plenary Hall, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Share :
Komentar :

Terkait

Read More