Pantau Flash
43 Orang Tewas Setelah Si Jago Merah Lalap Gedung 6 Lantai
Zulkifli Hasan: Jualan Surga dan Negara Sudah Tidak Laku di Pilpres
Catat! Tol Layang Japek II Tidak Ada Rest Area dan Pom Bensin
Erick Thohir Tunjuk Eks Menkeu Chatib Basri Jadi Wakomut Bank Mandiri
SEA Games 2019: Kontingen Indonesia Lampaui Target Jokowi

Presiden Jokowi Pastikan Bentuk Pansel Capim KPK Pekan Ini

Headline
Presiden Jokowi Pastikan Bentuk Pansel Capim KPK Pekan Ini Presiden Joko Widodo usai buka bersama di rumah Ketua DPR (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Presiden RI Joko Widodo akan menandatangani pembentukan Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru pekan ini.

Hal itu diungkapkan Jokowi saat menghadiri acara buka bersama di kediaman dinas Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet).

"Pansel KPK Insya Allah minggu ini sudah ditandatangani," kata Jokowi di rumah dinas Bamsoet, Jalan Widya Chandra III, Jakarta Selatan, Senin (13/5/2019).

Baca juga: Ketua DPR Sepakat Pemerintah Segera Bentuk Pansel Capim KPK

Mantan Wali Kota Solo itu mengaku sudah menerima sejumlah nama yang akan masuk ke dalam daftar anggota calon Pansel KPK. Namun dirinya saat ini masih menilik siapa sosok yang menjadi calon pemimpin lembaga antirasuah tersebut.

"Ada dari akademisi, ada dari praktisi, ada dari pemerintah, ada dari NGO, gabung-gabung," singkatnya. 

Sementara sebelumnya diberitakan, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengaku sepakat mendorong pemerintah segera membentuk panitia seleksi (pansel) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru.

Baca juga: KPK Tahan Bupati Jepara Terkait Kasus Suap Hakim PN Semarang

Diketahui kepemimpinan Agus Rahardjo cs di KPK akan berakhir pada tahun ini.

"Menurut saya memang momentumnya sudah tepat apa yang disampaikan Indonesia Corruption Watch (ICW) dan kami parlemen mendukung jika presiden segera membentuk pansel yang dimaksud agar penyaringan bisa lebih teliti sehingga menghasilkan 10 nama yang berkualitas untuk nanti dipilih 5 oleh DPR," ujar Bamsoet.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Adryan Novandia
Reporter
Bagaskara Isdiansyah
Category
Nasional

Berita Terkait: