Forgot Password Register

Rugikan Petani, Komisi IV Pertanyakan Kebijakan Impor Saat Panen Raya

Rugikan Petani, Komisi IV Pertanyakan Kebijakan Impor Saat Panen Raya Seorang petani merontokkan padi dengan alat tradisional di area persawahan (Foto:Antara/Muhammad Arif Pribadi)

Pantau.com - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi Viva Yoga menyoroti kebijakan impor beras yang dilakukan. Padahal di beberapa daerah, seperti di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mengalami panen raya dan kenaikan hasil panen sekitar 10 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Menurutnya, akibat impor beras di tengah panen raya, menyebabkan harga gabah petani juga akan terus mengalami penurunan yang dampaknya berpengaruh kepada tingkat kesejahteraan petani.

Baca juga: Mau Belanja Baju Muslim di Tanah Abang? Ini Daftar Harga Terbarunya

Dalam keterangan tetulisna, Viva Yoga juga mengingatkan agar ditegakkannya transparansi terkait data pangan nasional karena saat ini ada beberapa kementerian yang dinilai memiliki data yang berbeda-beda terkait produksi dan konsumsi pangan.

Menurut Viva Yoga, kondisi seperti ini dapat diibaratkan seperti adanya "perang" data pangan yang terjadi di dalam internal pemerintah.

Politisi PAN itu mengungkapkan, sejumlah kementerian tersebut adalah Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perdagangan, serta Kementerian Perindustrian.

Baca juga: Butuh Kerja? Ini Sandiaga Janjikan Lapangan Kerja di Bidang....

Ia mengingatkan bahwa bila perbedaan data tersebut tidak segera diatasi maka berpotensi untuk masuk ke dalam wilayah permainan politik.

"Pemerintah perlu segera mengevaluasi data dan komoditas pangan karena selama ini pelaksanaan distribusi pangan yang dilakukan di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian masih tidak berjalan maksimal," ujarnya.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More