Pantau Flash
Demi Layani Masyarakat Lebih Maksimal, Jasa Raharja Perkuat Aplikasi JRku
KPK Panggil Sekjen DPR RI Jadi Saksi Kasus Impor Bawang Putih
LAPAN Bangun Bandar Antariksa di Biak Tahun 2020 Mendatang
25 Kelurahan di DKI Jakarta Masuk Kategori Rawan Banjir
Aceh Juga Diguncang Gempa Magnitudo 5,1

Rupanya Pemberian ASI Lebih Lama Buat Anak Lebih Cerdas

Headline
Rupanya Pemberian ASI Lebih Lama Buat Anak Lebih Cerdas Air Susu Ibu. (Foto: Ist)

Pantau.com - Menurut hasil studi yang dipublikasikan jurnal The Lancet Global Health menyatakan, pemberian air susu ibu (ASI) dalam jangka yang lebih lama akan berhubungan dengan peningkatan kecerdasan, pembelajaran yang lebih panjang, dan pendapatan lebih tinggi saat anak dewasa.

Peneliti mencoba melakukan serangkaian tes dengan mengikuti perkembangan 3.500 bayi yang baru lahir selama 30 tahun, mereka menemukan bukti pertama bahwa memperpanjang pemberian ASI tidak hanya meningkatkan kecerdasan sampai usia setidaknya 30 tahun, tapi juga berdampak pada tingkat individual dan sosial lewat perbaikan pencapaian pendidikan dan pendapatan. 

Pada studi tersebut melibatkan hampir 6.000 bayi di Pelotas, Brazil, dari tahun 1982. 

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini Baik Untuk Kesehatan Otak

Informasi pemberian ASI dikumpulkan pada awal masa kecil. Peserta kemudian diberi uji IQ dengan versi ketiga Wechsler Adult Intelligence Scale rata-rata pada usia 30 tahun. Informasi tentang pencapaian pendidikan dan pendapatan juga dikumpulkan.

Informasi tentang IQ dan pemberian ASI hanya tersedia pada separuh (3.493) peserta penelitian.

Para peneliti membagi subjek ini menjadi lima kelompok berdasarkan panjang waktu mereka mendapat ASI semasa bayi, serta memantau 10 variabel sosial dan biologis yang mungkin berkontribusi pada peningkatan IQ termasuk pendapatan keluarga saat kelahiran, pendidikan orangtua, genomik moyang, kebiasaan merokok ibu selama hamil, usia ibu, berat lahir dan jenis persalinan.

Studi itu menunjukkan peningkatan kecerdasan, lama sekolah, dan pendapatan lebih tinggi semasa dewasa pada semua level panjang pemberian ASI, makin lama anak mendapatkan ASI (sampai 12 bulan) makin besar manfaat yang didapat.

Baca Juga: 5 Makanan Super Ini Siap Balikin Energi Kamu yang Hilang Usai Aktivitas

Misalnya, satu bayi yang mendapatkan ASI selama setidaknya satu tahun IQnya meningkat empat poin (sekitar sepertiga standar deviasi di atas rata-rata); sekolah 0,9 tahun lebih lama (sekitar seperempat standar deviasi di atas rata-rata), dan pendapatan lebih tinggi 341 reais per bulan (setara dengan sekitar sepertiga rata-rata tingkat pendapatan) pada usia 30 tahun dibandingkan dengan mereka yang mendapat ASI kurang dari satu bulan.

Peneliti mengatakan mekanisme yang mendasari pengaruh menguntungkan ASI pada kecerdasan kemungkinan adalah keberadaan asam lemak jenuh rantai panjang (DHA), yang sangat penting untuk perkembangan otak, dalam ASI.

Tim Pantau
Editor
Nani Suherni
Penulis
Kontributor - ANU
Category
Ragam

Berita Terkait: