Forgot Password Register

Satelit Pribadi Pertama India Diluncurkan oleh SpaceX

Satelit Pribadi Pertama India Diluncurkan oleh SpaceX Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - ExseedSat 1 dibangun dengan kontribusi dari beberapa operator ham dan bantuan dari perusahaan kecil di India. pembuatan itu diharapkan memainkan peran utama selama bencana alam seperti memfasilitasi adanya komunikasi dua arah yang efektif melalui walkie talkie sederhana dengan antena blok.

Euforia dapat dirasakan di selatan India setelah peluncuran SpaceX mengumumkan bahwa 64 satelit di roket Falcon 9 telah berhasil diluncurkan untuk mengorbit pada Selasa (4 Desember 2018). Misi tersebut diluncurkan dari Vandenberg Air Force Base di California, termasuk satu kilogram CubeSat bersama dengan ExseedSat 1 yang ada di dalamnya, yang dirancang dan dibuat oleh startup Exseed Space India tanpa mengambil bantuan Space Agency negara ISRO.

Baca juga: Boleh Juga! Curi Laptop Mahasiswa, Pencuri Ini Malah Minta Maaf Lewat Email

Baca juga: Ilmuan Temukan Jawaban Suara Gemuruh di Samudera Hindia

Startup itu didirikan oleh Ashhar Farhan dan Kris Nair. Mereka mengklaim bahwa peluncuran itu merupakan bagian dari konsorsium pribadi yang memenangkan AIT tahun lalu guna membangun satelit besar untuk pemerintah India.

"ExseedSat 1 membawa muatan radio buatan. Radio buatan itu berlisensi di seluruh dunia dan dapat mengakses, menerima, dan berbicara melalui walkie talkie sederhana dengan gelombang dari antena," kata Kris Nair, seperti dikutip Sputnik, Rabu (5/12/2018).

Exseed Space bekerja untuk melakukan kontak pertama satelit fasilitas manufaktur India. Begitu beroperasi, fasilitas akan melayani tuntutan global yang berkembang dari CubeStas, NanoSats, dan MicroSats (1U/2U/3U/6U). Tujuan dari misi ini adalah untuk kepentingan penelitian mahasiswa. Satelit akan mengorbit selama dua tahun dan terus memberikan informasi. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More