Pantau Flash
Bom Mobil Terjang Demonstrasi Anti Pemerintah di Irak, 4 Orang Tewas
Menangi Perang Saudara, Ginting ke Final Hong Kong Open 2019
Hasil Kualifikasi MotoGP Valencia 2019: Quartararo Kalahkan Marquez
Polda Sumut Tetap 18 Tersangka dalam Serangan Bomber di Polrestabes Medan
BPBD Sebut Belum Ada Penetapan Tanggap Darurat Gempa Malut

Selain PB Djarum, 6 Klub Bulutangkis Ini Juga Hasilkan Atlet Berprestasi

Selain PB Djarum, 6 Klub Bulutangkis Ini Juga Hasilkan Atlet Berprestasi Angga/Rian ketika membela PB Jaya Raya. (Foto: PBSI)

Pantau.com - Sepak terjang bulu tangkis di Indonesia tidak lepas dengan adanya klub badminton terkemuka. Sebut saja PB Djarum, Jaya Raya, Tangkas, SGS, Mutiara Cardinal, Suryanaga, dan Exist.

Sayangnya, PB Djarum yang berdiri sejak 1969 mendapati protes keras dari KPAI terkait eksploitasi anak dan mempromosikan brand image Djarum selaku pabrik rokok. Alhasil, PB Djarum menghentikan audisi untuk menjaring para calon atlet bulu tangkis berprestasi.

Padahal keberadaannya berdampak positif untuk menjaring para calon atlet untuk berprestasi di pentas dunia. Tentunya, dibutuhkan wadah untuk menempa mental dan bermain secara profesional.

Baca juga: Wiranto Siap Lakukan Mediasi Polemik KPAI dengan PB Djarum

Bahkan kolaborasi pemain antarklub di pentas internasional tak bisa di pandang sebelah mata. Seperti yang dilakukan pada nomor ganda yang terus menelurkan prestasi bagi Indonesia.

Pantau.com merangkum klub-klub selain PB Djarum yang menelurkan atlet berkualitas. Apa saja dan siapa saja?

1. PB Jaya Raya Jakarta

Klub bulu tangkis ini lahir atas prakarsa mantan Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin, yang mulanya membina cabang olahraga atletik dan sepakbola. Namun pada perjalanannya, Ir. Ciputra selaku penindaklanjut ide membubarkan klub atletik dan sepakbola.

Sempat menggunakan GOR Kuningan sebagai markas, Jaya Raya kemudian berpindah ke komplek sekolah atlet Ragunan. Retno Kustiyah, Rudy Hartono, Minarni, dan Imelda Wiguna merupakan pelatih-pelatih yang turut mengawal Jaya Raya sejak 1970-an.

Beberapa pebulutangkis top asal Jaya Raya yang saat ini jadi penghuni pelatnas PBSI Cipayung adalah Greysia Polii, Rizky Amelia Pradipta, dan M Rian Ardianto. Sedangkan atlet senior, Hendra Setiawan juga merupakan produk binaan Jaya Raya.

2. PB Tangkas Jakarta

Klub badminton ini berdiri sejak 1951. Mereka telah mencetak 10 juara dunia seperti Verawaty Fajrin, Ade Chandra, Icuk Sugiarto, Joko Suprianto, Ricky Subagja, Hendrawan, Nova Widianto, dan Liliyana Natsir.

Selain 10 gelar juara dunia, atlet-atlet PB Tangkas juga mempersembahkan empat medali olimpiade, sembilan juara All England dan 10 medali emas Asian Games.

3. Sangkuriang Graha Sarana (SGS) Bandung

SGS telah berusia 32 tahun dan menghasilkan beberapa atlet keren. Salah satunya adalah peraih medali emas Olimpiade 2004, Taufik Hidayat.

Kini penerus Taufik dari SGS adalah Anthony Sinisuka Ginting yang menghuni pelatnas di nomor tunggal putra. Selain itu Fajar Alfian pun merupakan jebolan klub asal Bandung ini.

Selain memiliki tempat pelatihan di Bandung, SGS juga memiliki pusat pelatihan di Taufik Hidayat Arena, Jakarta.

4. Mutiara Cardinal Bandung

Berawal dari nama Blue White pada 1950-an, klub asal ibu kota Jawa Barat itu berubah nama pada 1967. Klub menggelar audisi untuk menjaring minat dan bakat atlet-atlet di daerah Jawa Barat dan sekitarnya.

Pebulutangkis tunggal putri nomor satu Indonesia saat ini, Gregoria Mariska Tunjung, merupakan hasil binaan klub Mutiara Cardinal. 

Baca juga: PB Djarum Pamit, Regenerasi Atlet Bulu Tangkis Bisa Terputus

5. Suryanaga Surabaya

Klub asal Jawa Timur ini menjadi salah satu penghasil atlet-atlet papan atas di arena tepok bulu. Trikus Hariyanto, Alan Budikusuma, Alvent Dwi Yulianto, dan Sony Dwi Kuncoro pernah dibina di sini.

6. PB Exist Jakarta

PB Exist Jakarta masih tergolong muda di bandingkan perkumpulan bulu tangkis di atas. Mereka baru menginjak usia delapan tahun.

Namun, klub asal Jakarta ini sudah menyumbangkan pemain-pemain muda ke Cipayung seperti Fitriani, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Frengky Wijaya Putra.

Tim Pantau
Sumber Berita
Dari berbagai sumber
Editor
Kontributor - TAG
Penulis
Kontributor - RZS
Category
Olahraga

Berita Terkait: