Forgot Password Register

Headlines

Sempat Tertinggal, Indonesia Akhirnya Kalahkan Timor Leste

Sempat Tertinggal, Indonesia Akhirnya Kalahkan Timor Leste Hansamu Yama Pranata menahan gempuran pemain Timor Leste. (Foto:Antara/ Sigid Kurniawan)

Pantau.com - Tim nasional sepakbola Indonesia berhasil menang melawan Timor Leste pada laga lanjutan Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/11/2018). Tim Garuda sempat tertinggal satu gol, tapi akhirnya mampu mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 3-1.

Pada babak pertama, Indonesia tampil menguasai pertandingan dengan umpan-umpan pendek. Sektor sayap yang diisi oleh Febri Hariyadi dan Andik Vermansah menjadi andalan anak-anak asuhan pelatih Bima Sakti untuk menorehkan gol.

Namun, Timor Leste meladeninya dengan permainan rapat di belakang yang membuat Indonesia kesulitan mencari peluang. Beberapa kali peluang yang diciptakan Evan Dimas dan kawan-kawan tidak menemui sasaran karena rapatnya pertahanan lawan.

Sementara Timor Leste memanfaatkan peluang lewat serangan balik cepat. Taktik ini merepotkan Indonesia, terlihat dengan dua peluang berbahaya Timor Leste tercipta melalui skema tersebut. Kesempatan terbaik Indonesia datang di menit ke-35 ketika sundulan Evan Dimas dapat ditepis dengan baik oleh kiper lawan Fagio Augusto.

Tekanan demi tekanan dilakukan Indonesia di sisa paruh pertama laga, sampai akhirnya bola sepakan Hansamu Yama kala kemelut di kotak penalti pada menit ke-44 mengenai tiang gawang. Itu menjadi peluang terbaik Indonesia di 45 menit perdana. Tak ada gol tercipta dan skor 0-0 bertahan sampai laga memasuki masa jeda.

Memasuki paruh kedua, Indonesia masih mencoba tampil menekan. Namun, tim Garuda dikagetkan oleh tendangan spekulasi Rufino Gama yang melepaskan tembakan voli di tepi kotak penalti. Bola mengarah ke sudut gawang dan gagal dijangkau Andritany! Indonesia tertinggal 0-1 dari Timor Leste.

Indonesia terus menggempur tetapi cukup kelabakan bila Timor Leste melakukan tekanan. Pada menit 56' Bima Sakti melakukan pergantian dengan memasukkan Riko Simanjuntak dan mengistirahatkan Febri Hariyadi.

Akhirnya yang ditunggu-tunggu, Indonesia mampu menmyamakan kedudukan lewat sepakkan Alfath Faathier di menit 60'. Ia melepaskan tendangan pelan ke gawang yang memantul tanah. Fagio Augusto kesulitan menangkapnya! 1-1.

Indonesia seolah mendapatkan momentum dari gol penyeimbang yang dilesakkan Alfath. Namun  beberapa kali pemain belakang masih sering terlihat ragu dalam memberikan bola dan itu membuat bola hilang dengan sendirinya.

Pada menit 68' Andik Vermansyah dijatuhkan di kotak penalti oleh Gumario dan wasit tidak segan menunjuk titik putih. Lilipaly selaku eksekutor berhasil melesakkan bola ke gawang lawan. 2-1 untuk keunggulan Indonesia.

Kehadiran Riko Simanjuntak menghadirkan kejutan di pertahanan Timor Leste. Riko yang berada di sisi kanan melepaskan crossing, Beto memanfaatkan peluang tersebut dengan sundulan tajam di menit 82'. 3-1 untuk Indonesia.

Indonesia yang berbalik unggul kini mengendurkan serangan berganti menggunakan skema bertahan. Terbukti saat Andik ditarik dan memasukkan Bayu Pradana di menit 90'. Skor tak berubah, wasit pun meniup tanda berakhirnya pertandingan.

Susunan Pemain:

Indonesia: Andritany Ardhiyasa, Alfath Faathier, Hansamu Yama Pranata (kapten), Fachruddin Aryanto, Gavin Kwan Adsit, Muhammad Hargianto, Evan Dimas, Septian David Maulana, Febri Hariyadi, Andik Vermansah, Alberto Goncalves.

Timor Leste: Fagio Augusto da Silva Pereira, Jose Guterres Silva, Nataniel de Jesus Reis (kapten), Rufino Walter Gama, Joao Pedro Freitas, Henrique Wilson Martins, Gumario Augusto da Silva Moreira, Adelino Trindade de Oliveira, Armindo Correia, Filomeno Junior da Costa, Feliciano Pinheiro Goncalves.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More