Forgot Password Register

Siapa Saja yang Bisa Melakukan Bedah Bariatrik Turunkan Berat Badan?

Siapa Saja yang Bisa Melakukan Bedah Bariatrik Turunkan Berat Badan? Ilustrasi bedah. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Bedah bariatrik memang terkenal sangat ampuh untuk menurunkan berat badan secara drastis. Tapi, metode bariatrik ini bukanlah masuk golongan bedah kosmetik atau sedot lemak.

"Perlu diingat bedah bariatrik ini bukan termasuk bedah kosmetik, banyak yang salah paham dan rancu. Ada yang datang ke saya tiba-tiba bilang, 'Dok, saya mau sedot lemak'. Itu salah alamat datang ke sini," ujar Dr.dr.Peter Ian Limas, Sp. B-KBD, Dokter Spesialis Bedah Konsultan Bedah Digestif RS Pondok Indah di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis, 14 Maret 2019.

Baca juga: Mengenal Metode Bedah Bariatrik, Cara Efektif Atasi Obesitas

Sementara itu, Dr. Peter sendiri mengingatkan bahwa tidak sembarangan orang bisa dibedah bariatrik. Bagi orang sehat dan tidak memiliki masalah dengan obesitas, darah tinggi hingga kolestrol, dan hanya sekedar ingin memiliki badan yang aduhai, Dr.Peter dengan lantang akan menolak operasi itu.

"Saya tidak obati orang sehat, saya obati orang sakit," celetuknya tegas.

Satu-satunya yang jadi tolak ukur pasien obesitas ialah tingkat IMT (indeks masa tubuh) di atas batas normal, yakni di atas 24. IMT di atas 37,5 (bila tinggi badan 1,6 meter), maka berat badan 96 kilogram. Bila ada riwayat diabetes, IMT di atas 32,5 (tinggi 1,6 meter, berat badan 83 kilogram).

Selain itu, perbedaan mendasar antara bedah bariatrik dan sedot lemak ialah bedah bariatrik bekerja dengan menghilangkan rasa lapar pasien, memodifikasi saluran cerna khususnya lambung dan hormon pasien, serta mengurangi penyerapan kalori sehingga lemak tidak tertimbun lebih banyak.

Baca juga: Sering Salah Paham, Ternyata Vitamin Bisa Membuat Anak Obesitas Turunkan Berat Badan

Perlu dicatat pula bahwa pada dasarnya bedah bariatrik menangani akar masalah, yakni pada saluran cerna. Sedangkan ,bedah kosmetik atau sedot lemak bertindak memperbaiki penampilan tanpa menyentuh akar persoalan.

Meski secara drastis menurunkan berat badan, bedah bariatrik sangat memerlukan konsisten dan tekad pasien untuk memperbaiki pola makannya sehingga lambung tidak kembali membesar. Kemudian, dari obesitas untuk menuju berat badan normal itu harus berproses dengan menjalani hidup sehat oleh bantuan saluran cerna yang sudah dimodifikasi.

Sedangkan, sedot lemak tidak perlu menempuh pola makan tertentu untuk mencapai bentuk yang ideal. Tapi bila tidak bisa menjaga berat badannya lagi, ia akan mudah kembali ke bentuk semula.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More