Forgot Password Register

Headlines

Simpan Foto ISIS, Seorang WNI Divonis Bersalah Pengadilan Tinggi Malaysia

Simpan Foto ISIS, Seorang WNI Divonis Bersalah Pengadilan Tinggi Malaysia Ilustrasi palu hakim. (Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Seorang WNI bernama Eq Maulana dunda divonis 30 bulan penjara setelah kedapatan menyimpan foto ISIS oleh Pengadilan Tinggi Malaysia, Senin (5 November 2018) waktu setempat.

Melansir Malay Mail, Selasa (6/11/2018), hukuman penjara terhadap Eq dimulai sejak tanggal ia ditangkap pada 12 Juli.

Eq Maulana kedapatan menyimpan foto ISIS di ponselnya, saat dilakukan penggerebekan di sebuah rumah dengan alamat CB014, Cempaka B, Taman Sri Kolam 20000, Kuala Terengganu, Terengganu, pada 12 Juli lalu.

Baca juga: Mattari, WNI yang Bebas dari Hukuman Mati di Malaysia

Dia didakwa dengan pasal 130JB (1) (a) dari KUHP (Act 574) dengan hukuman 7 tahun penjara, atau denda dengan penyitaan barang-barang milik Eq.

Eq pun mengaku telah menyimpan foto tersebut sejak lama. Ia mendapati gambar tersebut dari mesin pencarian Google, dan tidak tahu jika menyimpannya adalah sebuah tindakan kriminal.

“Aku menyesalinya. Saya telah menyimpannya (foto-foto) untuk waktu yang lama, ketika saya berada di Indonesia. Saya tidak tahu. Saya memohon hukuman ringan istri saya hamil, ”katanya.

Baca juga: Tanpa Pemberitahuan pada Indonesia, Arab Saudi Hukum Mati TKI Asal Majalengka

Wakil Jaksa Penuntut Umum Munirah Shamsudin @ Baharum mendesak agar terdakwa dikenakan hukuman penjara yang sepadan mengingat fakta bahwa terorisme adalah kejahatan lintas batas yang melibatkan jaringan internasional, sehingga itu akan menjadi pelajaran bagi terdakwa dan masyarakat.

Menurut fakta-fakta kasus, sebuah tim polisi menyerbu sebuah rumah tempat terdakwa dan istrinya tinggal dan menemukan sebuah handphone di kulkas di dapur.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More