Forgot Password Register

Soal Pemilu Ulang di Sydney, KPU Tunggu Rekomendasi Bawaslu

Soal Pemilu Ulang di Sydney, KPU Tunggu Rekomendasi Bawaslu Gedung KPU (Foto: Pantau.com/Yusuf Fadillah)

Pantau.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum memutuskan apakah akan mengulang pemungutan suara Pemilu 2019 di Sydney, Australia. Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan, KPU masih menunggu rekomendasi Bawaslu untuk menentukan sikap. 

"Kita tentu sebagai penyelenggara pemilu itu kan KPU, Bawaslu, DKPP, berdasarkan peraturan UU kita dalam posisi menunggu rekomendasi dari Bawaslu. Karena di sana kan ada Panwaslu. Jadi KPU dalam posisi menunggu rekomendasi dari Bawaslu untuk kemudian menjadi dasar perkembangan dari KPU untuk pengambilan langkah," kata Wahyu di Gedung KPU, Jl. Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2019). 

Baca juga: KPU Verifikasi 40 Lembaga Survei Pemilu 2019, Ini Dia Daftarnya

Wahyu pun menyebut KPU akan bertemu Bawaslu hari ini. "Ya sesegera mungkin. Hari ini kita juga akan ketemu Bawaslu untuk membahas banyak hal, salah satunya adalah pemilihan luar negeri," ucapnya.

Meski begitu, menurutnya, tidak menutup kemungkinan akan ada pemungutan suara susulan di Sydney.

"Bisa. Bukan pemungutan ulang tapi susulan," katanya.

Baca juga: Sudahkah Cek Status DPT Anda? Ayo Cek di lindungihakpilihmu.kpu.go.id

Sebelumnya dikabarkan puluhan ribuan warga negara Indonesia di Sydney menandatangani petisi untuk meminta pemungutan suara diulang. Hal itu lantaran ratusan WNI tidak diperbolehkan mencoblos karena telah lewat waktu pukul 6 sore waktu setempat pada 13 April 2019.

Menurut Panitia pemilihan luar negeri (PPLN) di Sydney, waktu pencoblosan harus ditutup pukul 6 sore tepat karena ruangan yang digunakan menjadi TPS merupakan gedung sewa. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More