Forgot Password Register

Headlines

Strategi 'Penenggelaman' Susi Ubah Peta Perikaan Global

Strategi 'Penenggelaman' Susi Ubah Peta Perikaan Global Sejumlah perahu nelayan tertambat di Pantai Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (17/5). (Foto:Antara/Didik Suhartono)

Pantau.com - Kebijakan pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal yang selama ini diinisiasi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dinilai telah mengubah peta sektor kelautan dan perikanan global.

"Kita telah melakukan sesuatu hal yang sangat serius, sebuah aksi yang mengubah tatanan dan peta dari perikanan bukan hanya di Indonesia tetapi juga hampir di seluruh dunia," kata Susi Pudjiastuti saat membuka Diskusi Panel Revisi Undang-Undang Perikanan di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Senin (21/5/2018).

Baca juga: Mentan dan Mendag Ajukan Data Berbeda, Siapa Tipu-tipu?

Menurut Susi, kebijakan pemberantasan penangkapan ikan ilegal yang dilakukan KKP telah melakukan perubahan fundamental yang sangat besar dan betul-betul mengubah peta industri terutama terkait mereka yang mendapat pasokan dari negara-negara di Asia.

Susi juga menegaskan bahwa pembentukan Satgas 115 Anti Pemberantasan Pencurian Ikan dan Perpres No 44/2016 tentang Percepatan Industri Perikanan merupakan bentuk keseriusan pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam menjadikan laut sebagai masa depan bangsa.

Baca juga: Jika Terbukti Membelot Anggaran, Mentan Siap Dibui

Berdasarkan data dari International Trade Center (2017), pertumbuhan ekspor komoditas perikanan Indonesia pada periode 2012-2016 rata-rata tumbuh 2,37 persen per tahun.

Sementara total nilai ekspor komoditas perikanan tahun 2012 mencapai 3,59 miliar dolar AS dan tahun 2016 meningkat kecil menjadi 3,86 miliar dolar AS.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More