Forgot Password Register

Suap Gubernur Sumut, KPK Total Tahan 38 Anggota DPRD Sumut

Suap Gubernur Sumut, KPK Total Tahan 38 Anggota DPRD Sumut Juru bicara KPK Febri Diansyah (kiri) (Foto: Antara)

Pantau.com - KPK tahan dua mantan anggota DPRD Sumatera Utara terkait dugaan kasus suap mantan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Subroto. Dua orang itu di antaranya Dermawan Sembiring dan Ferry Suando Tanuray Kaban.

Juru bicara KPK Febri Diansyah menyebutkan, keduanya menjadi tersangka yang terakhir ditahan KPK dari 38 akan DPRD Sumut yang terjerat kasus itu.

Baca juga: Buron Empat Bulan, Eks Anggota DPRD Sumut Akhirnya Menyerahkan Diri

"Dengan demikian seluruh tersangka anggota DPRD Sumut yang menjadi tersangka dalam penyidikan yang telah diumumkan sejak 3 April 2018 lalu telah dilakukan penahanan. Sebagian diantaranya telah masuk ke persidangan di Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat," ujar Febri di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 11 Januari 2019.

Ia menambahkan dua tersangka itu ditahan selama 20 hari pertama di rutan yang yang berbeda.

"Tersangka DS ditahan di Rutan Polres Jakarta Pusat. Tersangka FST ditahan di Rutan Cabang KPK di belakang gedung merah putih KPK," ucapnya.

Dalam kasusnya, Dermawan merupakan salah satu tersangka yang telah mengembalikan uang suap ke KPK. Febri menyebut hingga saat ini total uang yang telah dikembalikan Dermawan sebanyak Rp 270 juta.

"Kami hargai sikap koperatif tersebut yang tentu akan dipertimbangkan sebagai faktor meringankan," ucapnya.

Dalam kasus ini, mantan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Subroto diduga memberikan uang suap kepada 38 anggota DPRD Sumut.

Baca juga: KPK Perpanjang Masa Penahanan 3 Anggota DPRD Sumut

Pemberian suap itu berkaitan dengan persetujuan laporan pertanggungjawaban Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk Tahun Anggaran 2012-2014 oleh DPRD Sumut, Persetujuan Perubahan APBD Provinsi Sumut Tahun 2013-2014 oleh DPRD Sumut. Selain itu, juga terkait pengesahan APBD tahun anggaran 2014-2015 dan penolakan penggunaan hak interpelasi anggota DPRD Sumut pada 2015.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More