Pantau Flash
Sri Mulyani Klaim Kenaikan Cukai Rokok untuk Sebuah Keseimbangan
Jojo Terhenti di Babak Pertama China Open 2019
Donald Trump Klaim AS Capai Kesepakatan Perdagangan dengan Jepang
Setelah Presiden World Bank, Kali Ini Presiden ADB Mengundurkan Diri
Ledakan Bom Tewaskan 24 Orang Dekat Kampanye Presiden Afghanistan Ashraf

Survei Charta Politika: PDIP Tertinggi, PAN dan Hanura Terancam Gagal ke Senayan

Headline
Survei Charta Politika: PDIP Tertinggi, PAN dan Hanura Terancam Gagal ke Senayan Survei Charta Politika (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Lembaga survei nasional Charta Politika Indonesia merilis hasil survei terbarunya mengenai elektabilitas partai politik untuk Pileg 2019. Hasilnya, hanya ada 8 parpol yang diprediksi bakal lolos ke parlemen. Dari 8 parpol itu PDIP masih berada di urutan teratas, dibuntuti Gerindra dan Golkar di belakangnya.

"Kalau kita lihat dari renggang dari periode tadi kami mendapatkan hasil bahwa posisi parpol ini masih diduduki parpol pertama PDI Perjuangan dengan 25,2 persen kemudian Partai Gerindra 15,2 persen dan Partai Golkar 9,0 persen, dan tempat keempat ada Partai Kebangkitan Bangsa 8,1 persen kemudian yang kelima 5,3 persen," ujar Direktur Riset Charta Politika, Muslimin, di Kantor Charta Politika, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).

Baca juga: Survei Charta Politika: Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 53,2 Persen vs Prabowo-Sandiaga 34,1 Persen

Sementara di bawah parpol lima besar dalam hasil survei itu ada tiga parpol yang diprediksi lolos dari ambang batas parlemen sebesar 4 persen. Partai-partai itu ialah di urutan keenam ada Partai Demorat, ketujuh PPP, dan yang kedelapan ada PKS.

"Kalau kita lihat hasil ini maka kita lihat maka yang akan lolos hanya delapan partai kalau lihat dari sini. Karena hanya PKS ke atas yang lolos ambang batas," kata Muslimin.

Sementara partai menengah seperti PAN, Hanura yang di periode 2014-2019 lolos ke Senayan, dalam hasil survei ini diprediksi tak akan tembus ke parlemen. Begitu pun partai-partai baru seperti PSI, Partai Berkarya hingga Perindo.

"Kita katakan Perindo, PAN masih punya harapan. Jadi dari partainya yang ada PDIP masih sangat tinggi. Partai baru yang masih punya peluang hanya Partai Perindo. Tapi margin of eror 2,5 persen Perindo masih bisa lolos," ungkapnya

Baca juga: Survei Alvara: Elektabilitas Kedua Capres-Cawapres Tak Berubah Signifikan

"Tentunya masih ada pemilih labil 2,5 persen artinya masih ada kesempatan untuk partai-partai lain. Atau ada partai-partai tertentu yang bisa mendongkrak suara partainya di akhir-akhir nanti," tandasnya.

Sekadar informasi hasil survei ini diambil dari survei yang dilakukan Charta Politika dalam periode 22 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019 dengan melalui wawancara tatap muka langsung dengan kuesioner terstruktur dan memakai metode acak (multistage random sampling).

Jumlah sampel sebanyak 2000 responden dengan margin of error 2,5 persen tingkat kepercayaan 95 persen.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Adryan Novandia
Reporter
Bagaskara Isdiansyah
Category
Nasional

Berita Terkait:



Komentar

  1. Semoga PDIP tetap paling teratas.