Forgot Password Register

Survei Sebut Prabowo-Sandi Dipilih Kalangan Pelajar, Fahri: Itu Jadi Tantangan Jokowi

Survei Sebut Prabowo-Sandi Dipilih Kalangan Pelajar, Fahri: Itu Jadi Tantangan Jokowi Fahri Hamzah (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Dalam survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebut bahwa kalangan terpelajar lebih memilih pasangan Prabowo-Sandi ketimbang pasangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menilai jika survei itu benar maka memang menggambarkan apa yang sebenarnya terjadi saat ini bahwa kalangan elite terpelajar lebih pilih Prabowo sementara kalangan menengah ke bawah lebih ke Jokowi. Menurutnya, ini harus menjadi tantangan.

"Jadi memang tantangannya bagi Jokowi itu di kalangan menengah atas. Nah, tantangannya pada Prabowo itu adalah di kelas menengah bawah. Nah strateginya dua-duanya juga harusnya basisnya itu," ujar Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (8/2/2019).

Baca juga: Survei: Kalangan Terpelajar Lebih Pilih Prabowo-Sandi daripada Jokowi-Ma'ruf

Kendati begitu, Fahri berpandangan bahwa Jokowi akan lebih sulit untuk merebut suara kalangan terpelajar khususnya para elite. Sebab, para kalangan terpelajar itu lebih kritis melihat apa yang sudah dibangun Jokowi selama 4 tahun ini.

"Kenapa? karena meyakinkan kelas menengah atas ini kan rumit. Karena dia pinter, orang terdidik, orang sekolah, rewel gitu punya banyak pertanyaan," ungkapnya.

Sementara sebaliknya tantangan untuk Prabowo untuk merebut suara kalangan menengah ke bawah disebutnya akan berjalan relatif mudah. Sebab, jika kalangan masyarakat menengah ke bawah hidupnya merasa lebih susah di rezim Jokowi pasti alternatifnya akan alihkan dukungan ke Prabowo.

"Battlenya itu di bawah, di ground battle. Battle udara udah Jokowi udah gak mungkin menang di elite, karena ada banyak yang sulit dijelaskan. Confident elite itu udah melemah sama Jokowi. Sekarang confident rakyat ini, confident rakyat ini kan teorinya sederhana. Kalau hidupnya tambah senang gak ada pertanyaan rakyat itu, orang saya hidupnya tambah senang," tuturnya.

"Tapi kalau hidupnya tambah susah tambah tidak aman, merasa keadilan makin susah merasa pekerjaan makin rumit melihat kesenjangan kiri kanan ya pasti pindah itu," tandasnya.

Baca juga: Hasil Survei Prabowo-Sandi Lebih Dipilih Kalangan Terpelajar, Ini Tanggapan TKN Jokowi-Ma'ruf

Sekadar informasi sebelumnya, Peneliti Senior LSI Denny JA Adjie Alfarady mengungkapkan, bahwa saat ini dengan populasi pemilih kalangan pelajar 11,5 persen, pasangan Prabowo-Sandi unggul di angka 44,2 persen, sementara pasangan Jokowi-Ma'ruf hanya mendapat dukungan 37,7 persen.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More