Pantau Flash
FKUB Minta Pemprov Papua Gandeng Ulama saat Investigasi di Jawa Timur
Minta Penjelasan Soal Pajak IMEI, Sri Mulyani akan Datangi Menkominfo
Wali Kota Depok Pilih Gabung DKI Jakarta Ketimbang Provinsi Bogor Raya
Kondusif, Pertamina Kembali Salurkan BBM di Manokwari, Sorong, dan Jayapura
Wiranto Sebut Situasi Keamanan di Papua Sudah Kondusif

Tenang, Lakukan Langkah Ini Demi Hindari Efek Samping Krim Wajah

Tenang, Lakukan Langkah Ini Demi Hindari Efek Samping Krim Wajah Ilustrasi krim wajah. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Efek samping berupa jerawat atau kulit mengelupas akibat penggunaan produk perawatan kulit dapat ditanggulangi dengan pencegahan sebelum pengguna menghentikan pemakaian produk. Tapi bagaimana pencegahannya?

"Dipakai dulu di (punggung) tangan atau di belakang telinga. Jika ada keluhan atau efek samping, kondisi itu tidak mengganggu aktivitas sehari-hari pengguna," kata Direktur Penelitian dan Pengembangan PT Paragon Technology & Innovation Sari Chairunnisa di Tangerang, Senin, 15 April 2019.

Baca juga: Bahaya! Jangan Sering Gunakan Pembersih Wajah 'All in One'

Sari mengatakan efek samping penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok tergantung pada kadar iritan bahan perawatan kulit itu. Semakin tinggi kadar iritan, semakin cepat efek samping akan muncul, seperti panas dan gatal.

Selain iritasi, produk yang tidak cocok bagi kulit juga dapat menimbulkan keluhan lain seperti komedo, bruntusan sampai kering atau agak merah, hingga perih.

"Sebenarnya jika ada reaksi, dihentikan (penggunaan produknya). Untuk mengetahui produk mana yang menyebabkan (reaksi), kita coba satu-satu," ujar Sari.

Baca juga: Benarkah 'Facial' Cara Ampuh Hilangkan Jerawat?

Setelah mencoba satu-satu produk yang dapat menyebabkan efek samping, lanjut Sari, pengguna harus menghentikan pemakaian produk itu.

"Misalnya facial wash, day cream, night cream, atau serum," ujar Sari.

Sari menyarankan produk perawatan yang dibeli pada malam hari sebaiknya diuji coba selama tiga haru berturut-turut untuk mengetahui efek samping produk pada kulit.

Share this Post:
Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Rifeni
Category
Ragam

Berita Terkait: