Pantau Flash
Bom Mobil Terjang Demonstrasi Anti Pemerintah di Irak, 4 Orang Tewas
Menangi Perang Saudara, Ginting ke Final Hong Kong Open 2019
Hasil Kualifikasi MotoGP Valencia 2019: Quartararo Kalahkan Marquez
Polda Sumut Tetap 18 Tersangka dalam Serangan Bomber di Polrestabes Medan
BPBD Sebut Belum Ada Penetapan Tanggap Darurat Gempa Malut

Viral Tiga Oknum Polisi Tembakkan Senjata Api di Lampung

Viral Tiga Oknum Polisi Tembakkan Senjata Api di Lampung Tiga polisi tembakan senjata api (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Beredar video di media sosial yang memperlihatkan tiga pria menembakkan senjata api saat pesta pernikahan. Aksi ketiganya disebut-sebut terjadi di kawasan Lampung. 

Pada video yang diunggah oleh akun Instagram @warung_jurnalis itu, terlihat seorang pria yang menembakkan senapan api laras panjang berkali-kali ke arag udara. Kemudian, disusul oleh dua pra lainnya yang menembakan senjata api laras pendek. Bahkan, usai ketiga pria itu menembakan senjata api, beberapa anak kecil yang berada di lokasi terlihat langsung bergegas memunguti selongsong peluru yang telah jatuh ke tanah.

Dikonfirmasi mengenai hal itu, Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Pandra Arsyad membenarkam adanya kejadian itu di wilayah hukumnya.

Baca juga: Tertipu PSK Online via Michat, Pria Ini Akui Malu Melapor ke Polisi

Menurutnya, aksi ketiga orang itu terjadi di Kelurahan Kotabumi Udik, Kecamatan Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara, pada 15 September 2019, lalu.

"Kejadian yang menjadi viral di sosial dalam beberapa waktu lalu dapat diketahui bahwa kejadian itu memang benar terjadi di wilayah Lampung di Kota Bumi, Lampung Utara," ucap Pandra saat dikonfirmasi, Kamis (19/9/2019).

Selain itu, Pandra juga menyebut bahwa ketiga orang yang menembakan senjata api itu merupaka anggota polisi. Mereka diketahui berinisial Bharatu AI, Bripka WE dan Briptu OK. Penembakan kearah udara yang dilakukan ketiganya, sambung Pandra, dilakukan saar menghadiri acara pernikahan sekaligus pemberian gelar adat dari masyarakat setempat.

"Pasangan pengantin tersebut akan mendapat gelar kehormatan gelar adat," kata Pandra.

Baca juga: Terlibat Penipuan Online, Puluhan WNA Asal Cina dan Taiwan Diamankan

Penembakan itu disebut dilakukan hanya untuk meramaikan suasana. Sebab dalam acara tersebut biasanya selalu diiringi bunyi-bunyian berupa mercon. Hanya saja, saat ini bahan baku mercon sulit diperoleh lantaran telah diatur dalam undang-undang.

"Jadi ketiga oknum tersebut yang merupakan berinisial Bharatu AI, Bripka WE dan Briptu OK. Ketua oknum tersebut adalah sebagai bagian dari keluarga besar merasa mempunyai inisiatif, empati untuk memeriahkan acara tersebut, karena sama sekali tidak ada bunyi-bunyian letusan," papar Pandra.

Saat ini, ketiga pria tersebut telah diamankan Bid Propam Polda Lampung untuk dimintai keterangan lebih lanjut dan merinci terkait insiden tersebut. "Upaya yang dilakukan Polri saat ini yaitu Bid Propam Polda Lampung telah mengamankan ketiga oknum tersebut untuk dimintai keterangannya sehubungan dengan penggunaan senjata api laras panjang dan pendek yang dimiliki oknum bersangkutan tersebut secara sah menurut ceritanya," pungkas Pandra.

Tim Pantau
Editor
Kontributor - RZK
Penulis
Kontributor - RZK
Category
Nasional

Berita Terkait: