Forgot Password Register

Headlines

Waduh Bahaya! YLKI: Tarif Bagasi Bisa Picu Tiket Pesawat Terselung

Waduh Bahaya! YLKI: Tarif Bagasi Bisa Picu Tiket Pesawat Terselung Ketua YLKI Tulus Abadi (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengkritisi penerapan bagasi berbayar yang dilakukan oleh penerbangan bertarif rendah (Low Cost Carier/LCC). 

Ketua YLKI Tulus Abadi mengatakan seharusnya Kementerian Perhubungan bertanggung jawab atas hal ini. Pasalnya kebijakan ini dapat menjadi kenaikkan harga terselubung.

"Kemenhub menurut saya mengapa memberikan izin terhadap bagasi berbayar? Karena bagasi berbayar kalau tidak dikendalikan, dia akan jadi kenaikan tiket terselubung," ujarnya saat ditemui usai sebuah acara di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (11/1/2019).

Baca juga: Bagasi Gratis Lion dan Wings Air Dihapus, Kemenhub Awasi Lho Jangan Lupa

"Kita protes itu karena bagasi berbayar adalah kenaikan terselubung  dan potensi besar melanggar batas atas tarif pesawat nah Kemenhub harus sadar itu," imbuhnya.

Lebih lanjut kata dia, kebijakan ini juga berpeluang melanggar harga tarif batas bawah penerbangan LCC. Pada akhirnya kata dia, ini menjadi bentuk inkonsistensi layanan LCC.

"Itu dapat menjadikan melanggar batas atas tiket atau tarif apalagi untuk LCC jadi bagasi berbayar adalah bentuk inkonsistensi terhadap LCC," katanya.

"Apanya yang LCC kalau cost yang dikeluarkan konsumen jauh lebih tingi dibandingkan LCC sekalipun atau bahkan full servicers sekalipun," imbuhnya.

Baca juga: Kebijakan Jokowi-JK Kena 'Sempot' Lembaga Konsumen

Ia juga mengatakan, penerapan bagasi berbayar ini jika tidak diatur dikhawatirkan harganya akan mendekati tarif penerbangan tarif tinggi. 

"Kayak Lion, kalau katakanlah bagasi  sampai level tertinggi yaitu Rp930.000, kita terbang ke Jogja minimal Rp500.000 plus Rp930.000 itu kan udah selevel sama Garuda bahkan lebih mahal daripada Garuda," katanya. 

"Memang kenaikan melewati batas atas atau belum mungkin dengan tekanan ekonomi gunakan batas atas tapi sudah mahal tambah bagasi untuk LCC akhirnya semua ikut-ikutan, semua mengeluh bagasi berbayar," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More