
Pantau - Forum CSR DKI Jakarta bekerja sama dengan Bank Jakarta dan Inotek untuk membekali pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan strategi konten kreatif sebagai upaya meningkatkan daya beli masyarakat dan memperluas jangkauan pasar.
Pelatihan Konten Digital Jadi Kunci UMKM Naik Kelas
Ketua Umum Forum CSR DKI Jakarta, Aldi Imam Wibowo, menyatakan bahwa transformasi digital bagi UMKM adalah tanggung jawab bersama.
“Memastikan UMKM naik kelas menjadi tanggung jawab bersama. Karenanya, kolaborasi ini bertujuan untuk mentransformasi pelaku UMKM agar lebih lincah dalam memanfaatkan platform digital sebagai mesin pertumbuhan bisnis,” pernyataan Aldi di Jakarta, Kamis.
Aldi menilai bahwa visibilitas produk di media sosial menjadi tantangan utama yang dihadapi pelaku UMKM di era digital saat ini.
Sebagai solusi, Forum CSR DKI Jakarta, Bank Jakarta, dan Inotek menggelar pelatihan intensif bertajuk “Optimalisasi Konten Digital UMKM: Konten Kuat, UMKM Melesat.”
Kegiatan ini berfokus pada literasi visual dan strategi komunikasi kreatif yang aplikatif bagi para pelaku UMKM.
“Mengingat tantangan utama UMKM saat ini adalah visibilitas produk di media sosial, kegiatan ini memberikan panduan praktis dari para ahli di bidang teknologi dan perbankan guna meningkatkan standar promosi produk lokal,” ujar Aldi.
Kolaborasi Lintas Sektor Dorong UMKM Lebih Kompetitif
Aldi juga menekankan bahwa kolaborasi lintas sektor sangat penting.
“Forum CSR DKI Jakarta hadir untuk menyatukan kekuatan ini demi memastikan UMKM kita memiliki konten yang kuat dan mampu melesat di pasar yang lebih luas dan kompetitif,” kata Aldi.
Bank Jakarta, yang terlibat dalam kegiatan ini, menyatakan dukungannya sebagai bentuk nyata keberpihakan lembaga perbankan terhadap sektor riil.
Bank Jakarta berkomitmen mendampingi pelaku UMKM, tidak hanya dari sisi pembiayaan, tetapi juga dalam pengembangan kapasitas SDM melalui literasi digital.
Melalui kemitraan strategis dengan Inotek, pelatihan ini juga memperkenalkan alat-alat digital sederhana yang dapat digunakan langsung oleh pelaku UMKM secara mandiri.
Inisiatif ini diharapkan mampu menciptakan efek domino, tidak hanya pada peningkatan kesejahteraan keluarga pelaku usaha, tetapi juga pada pembukaan lapangan kerja baru di wilayah DKI Jakarta.
Diharapkan, pelaku UMKM mampu memanfaatkan pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas, mempercantik tampilan produk, dan memperluas pasar hingga ke ranah global.
- Penulis :
- Gerry Eka







