Pantau Flash
Komisi I DPR: Pelibatan TNI dalam PSBB Diperlukan
Son Heung-min Latihan Perang Kimia
Baleg DPR Agendakan Raker dengan Pemerintah Sebelum Bahas RUU Ciptaker
PSBB DKI Jakarta Berlaku Mulai Jumat 10 April 2020
Laboratorium Rapid Test PCR Korona RSPAD Gatot Soebroto Segera Beropersi

WTO Resmi Berikan Kebebasan AS untuk Kenakan Tarif Barang-barang UE

Headline
WTO Resmi Berikan Kebebasan AS untuk Kenakan Tarif Barang-barang UE Logo Airbus (Foto: Reuters/Regis Duvignau)

Pantau.com - Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) secara resmi memberi wewenang kepada Amerika Serikat pada hari Senin (14/10/2019) untuk mengenakan tarif impor barang-barang UE hingga $7,5 miliar setelah keputusan arbiter atas subsidi kepada pembuat pesawat Airbus (AIR.PA).

Badan penyelesaian sengketa WTO, yang terdiri dari perwakilan dari 164 anggotanya, membersihkan Washington untuk mengambil tindakan balasan terhadap Uni Eropa dan negara-negara penghasil Airbus Inggris, Prancis, Jerman dan Spanyol.

Otorisasi adalah formalitas setelah arbiter WTO memberikan catatan hak untuk membalas atas subsidi ilegal bulan ini. Itu hanya akan ditolak jika semua anggota WTO yang hadir menentang. Pertemuan berlangsung kurang dari 20 menit.

Duta Besar Perdagangan AS Dennis Shea mengatakan pada pertemuan itu bahwa Washington masih lebih suka solusi yang dinegosiasikan.

Baca juga: Libra Facebook Terbang ke Swiss Mencari Sistem Pembayaran

"Tapi itu hanya bisa terjadi jika UE benar-benar menghentikan manfaat untuk Airbus dari subsidi saat ini dan memastikan bahwa subsidi untuk Airbus tidak dapat dihidupkan kembali dengan nama lain atau mekanisme lain," katanya dalam pertemuan itu.

Delegasi Uni Eropa mengatakan kepada pertemuan itu bahwa mereka memiliki "masalah serius" dan bahwa langkah-langkah tarif A.S. tidak diperhatikan.

WTO telah menemukan bahwa baik Airbus dan saingannya di AS Boeing (BA.N) menerima miliaran dolar subsidi ilegal dalam sepasang kasus yang telah berjalan selama 15 tahun. Sebuah putusan dalam kasus Boeing diharapkan pada awal tahun 2020.

Baca juga: Data Baru Ungkap Risiko Bitcoin! Bisa Bikin Amsyong

Amerika Serikat mengatakan akan mengenakan tarif 10 persen pada pesawat Airbus dan 25 persen bea pada berbagai produk, termasuk anggur Prancis, wiski Skotlandia, dan keju dari seluruh benua.

Pada hari Jumat, kepala perdagangan UE Cecilia Malmstrom menulis surat kepada Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer mendesaknya untuk memulai negosiasi untuk menemukan penyelesaian kasus Airbus dan Boeing, menambahkan bahwa menggunakan tarif bukan merupakan solusi.

"Itu hanya akan menimbulkan kerusakan pada bisnis dan menempatkan pekerjaan beresiko di kedua sisi Atlantik, membahayakan perdagangan global dan industri penerbangan yang lebih luas pada waktu yang sensitif," tulisnya dalam surat yang dilihat oleh Reuters.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni

Berita Terkait: