Pantau Flash
Kemenparekraf Peringkat Pertama Anugerah KIP Kategori Menuju Informatif
Mentan SYL Resmikan Penggilingan Padi dan Salurkan Bantuan di Bulukumba
COVID-19 RI Pecah Rekor Lagi! Kasus Positif Naik 6.267 dengan Total 534.266
Polisi Bakal Panggil Pihak RS Ummi Diduga Halangi Satgas Soal Swab HRS
Survei SMRC: Mayoritas Publik Tak Mau Tunda Pilkada 2020

254.673 Kendaraan Tinggalkan Jakarta untuk Berburu Liburan

254.673 Kendaraan Tinggalkan Jakarta untuk Berburu Liburan Sejumlah kendaraan melintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (27/10/2020). (Foto: Antara/Fakhri Hermansyah)

Pantau.com - Sebanyak 254.673 kendaraan meninggalkan Jakarta melewati arah timur atau jalan Tol Jakarta-Cikampek selama tiga hari libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru, dalam siaran pers yang diterima di Karawang, Jumat, mengatakan jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta melewati arah timur mencapai 254.673 kendaraan atau naik 66.1 persen dibandingkan lalulintas harian normal.

Dari 254.673 kendaraan yang melintas itu, rinciannya sebanyak 143.820 kendaraan di antaranya melewati gerbang Tol Cikampek Utama 1 dan sebanyak 110.853 kendaraan yang melewati gerbang Tol Kalihurip Utama 1.

Baca juga: Warga Jakarta... Kalian Diimbau Pulang Liburan Sebelum 1 November

Jasa Marga juga mencatat jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah barat atau melalui gerbang Tol Cikupa, jalan Tol Tangerang-Merak, sebanyak 141.184 kendaraan.

Selain itu, tercatat pula 113.283 kendaraan yang keluar Jakarta menuju arah selatan atau melalui gerbang Tol Ciawi jalan Tol Jagorawi. Dwimawan mengimbau agar pengguna jalan tol bisa mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Sementara itu, selama libur panjang ini pihak Jasa Marga bersama pihak kepolisian melakukan rekayasa lalulintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek, untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas. Rekayasa lalulintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek arah ke Cikampek dilakukan dengan menerapkan "contraflow". Hal tersebut dilakukan saat terjadi kepadatan arus lalulintas.

Baca juga: Pengguna Tol Semarang Dirapid Test Secara Acak saat Libur Panjang

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: