Pantau Flash
Duh, Kepulauan Riau Kekurangan Ventilator untuk Pasien COVID-19
Bamsoet Apresiasi Penetapan Tersangka Kebakaran Gedung Kejagung
Kasus Baru COVID-19 Per 24 Oktober Bertambah 4.070, Total 385.980
Sertifikasi Halal bagi Pelaku UMKM Tidak Dipungut Biaya Alias Gratis
DPD KAI Laporkan Tri Rismaharini kepada Mendagri Tito Karnavian

49 RT Terdampak Banjir Jakarta, Ada yang Mencapai Ketinggian 100 Sentimeter

49 RT Terdampak Banjir Jakarta, Ada yang Mencapai Ketinggian 100 Sentimeter Warga Kebon Pala, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, melintas di RT11 RW05 yang terendam banjir dengan ketinggian berkisar 50-70 sentimeter, Selasa (22/9/2020) pagi. (Foto: Antara/Andi Firdaus)

Pantau.com - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati mengatakan menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, pada Selasa pukul 06.00 WIB terdapat 49 wilayah tingkat rukun tetangga (RT) yang terdampak banjir.

"BPBD DKI Jakarta melaporkan 15 jiwa mengungsi setelah banjir terjadi di beberapa titik sejak Senin, 21 September 2020 malam. Petugas telah menyiapkan pos pengungsian di empat lokasi," kata Raditya melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Raditya mengatakan genangan terjadi merata di lima wilayah administratif DKI Jakarta, yaitu Jakarta Timur (23 RT dengan ketinggian air 10 sentimeter hingga 100 sentimeter), Jakarta Barat (14 RT dengan ketinggian air 10 sentimeter hingga 80 sentimeter).

Baca juga: Banjir Bandang Sukabumi: 3 Orang Hanyut, 20 Orang Luka-luka

Kemudian JakartaJakarta Selatan (10 RT dengan ketinggian air 10 sentimeter hingga 40 sentimeter), Jakarta Utara (satu RT dengan ketinggian air 20 sentimeter hingga 50 sentimeter), dan Jakarta Pusat (satu RT dengan ketinggian air 20 sentimeter).

"Empat lokasi yang dipersiapkan untuk pengungsian adalah Mushola Riyadhul Saadah di Kelurahan Kembangan Utara, PT Delta Laras Wisata di RW 07 Kelurahan Rawajati, Puskesmas Rawajati 2 di RW 07 Kelurahan Rawajati, dan halaman rumah dinas RW 07 di Kelurahan Rawajati," jelasnya.

Pada Selasa pukul 06.00 WIB, genangan masih terjadi di beberapa titik di Jakarta Barat, antara lain Kecamatan Palmerah, Kecamatan Kebon Jeruk, Kecamatan Grogol, Kecamatan Kembangan, dan Kecamatan Cengkareng.

Baca juga: Peringatan Banjir Warga Jakarta! Bendungan Katulampa Bogor Siaga I

Sebaran titik genangan paling banyak terjadi di Kecamatan Cengkareng dengan ketinggian antara 10 sentimeter hingga 30 sentimeter.

Banjir di DKI Jakarta terjadi akibat hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi pada Senin, 21 September 2020, sejak pukul 18.30 WIB. Hujan terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memperkirakan masih akan terjadi hujan dengan intensitas ringan di wilayah DKI Jakarta.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: