Pantau Flash
Indonesia Kecam Rencana Aneksasi Israel Terhadap Palestina
Welcome New Normal: Penumpang KRL Dilarang Bicara dan Telepon
Pasien Sembuh COVID-19 Kembali Bertambah, Kini Total 6.240
MUI: Jika Mal Sudah Direlaksasi, Masjid Tentu Juga Sudah Bisa!
1,8 Juta Orang Tinggalkan Jabodetabek di Tengah Larangan Mudik COVID-19

550 Napi di LP Klas II Muaro Padang Terima Remisi Khusus Lebaran

550 Napi di LP Klas II Muaro Padang Terima Remisi Khusus Lebaran Puluhan narapidana sujud syukur usai keluar dari Lapas Padang karena menerima asimilasi di rumah, Rabu (1/4/2020). (Foto: Antara/FathulAbdi)

Pantau.com - Sebanyak 550 narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Muaro Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menerima pemotongan masa hukuman (remisi) pada Lebaran 1441 Hijriah.

"Remisi ini merupakan hak yang diberikan kepada warga binaan muslim untuk mendapatkan potongan masa hukuman pada hari Lebaran," kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Padang, Arimin, di Padang, Sabtu (23/5/2020).

Data penerima remisi sebanyak 550 orang tersebut adalah nama-nama yang telah sesuai persyaratan dan disetujui Kementerian Hukum dan HAM.

Baca juga: Bahar bin Smith Tempati Lapas Kelas I Batu Khusus untuk Napi High Risk

Namun demikian, tidak ada warga binaan yang langsung bebas dari penjara, usai menerima pemotongan masa hukuman (Remisi Khusus II).

Besaran potongan masa hukuman yang diterima oleh para warga binaan berbeda-beda mulai dari 15 hari hingga dua bulan.

Berdasarkan data diketahui jumlah yang paling banyak adalah pengurangan hukuman selama satu bulan, dengan penerima sebanyak 448 orang.

Baca juga: Pedagang Pasar Raya Padang Bakal Diuji Swab untuk 3 Hari ke Depan

Penyerahan remisi rencananya dilakukan secara langsung kepada warga binaan pada Minggu 24 Mei 2020. Arimin berharap remisi tersebut bisa menjadi motivasi bagi napi agar tetap berkelakuan baik selama menjalani sisa masa hukuman.

"Jika mereka tetap berkelakuan baik dan aktif pada program-program di kapas, maka akan diusulkan pada remisi berikutnya," katanya pula.

Saat ini Lapas Padang memiliki penghuni sebanyak 921 napi dan 9 orang tahanan.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: