Kepala BMKG Minta Rumah Korban Gempa Tidak Dicuri: Janganlah, Dosa

Headline
Warga melintas di depan sejumlah rumah yang roboh akibat gempa di Kampung Selakawung Tengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj)

Pantau – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati meminta warga korban gempa Cianjur, Jawa Barat, agar tidak memasuki rumahnya yang telah retak. Sebab, kata dia, rumah yang retak sewaktu-waktu bisa roboh.

“Kalau rumah sudah retak atau rusak, mohon untuk tidak masuk, tidak kembali ke dalam rumah. Sehingga ini mohon kalau ada pencurian, hati-hati lah itu rumahnya bisa roboh,” ujar Dwikorita dalam konferensi pers BNPB yang disiarkan kanal YouTube BNPB Indonesia, Rabu (23/11/2022).

Dwikorita berkelakar agar pencuri tidak nekat masuk ke rumah warga yang telah retak akibat gempa.

“Jadi ini yang berniat untuk mencuri, janganlah, selain dosa, rumah itu bisa roboh sewaktu-waktu. Baru asyik mencuri, roboh, kan malah bahaya,” kata Dwikorita.

“Jadi pokoknya jangan kembali masuk ke dalam rumah yang sudah retak-retak,” imbuhnya.

Baca juga: Hari ke-3, Korban Meninggal akibat Gempa di Cianjur Kini 271, 40 Hilang

Dwikorita juga mengimbau warga agar tidak termakan informasi menyesatkan alias hoax. Menurutnya, hampir setiap malam ada hoax terkait gempa.

Hoax menjelang malam selalu berseliweran. Kemarin ada yang mengatakan bahwa BMKG menginfokan bahwa patahan yang di Waduk Cirata akan bergerak, tentang jam belum diketahui dan enggak dapat diprediksi. Intinya, kalau dramatis dan heboh-heboh enggak usah percaya,” papar dia.

Dwikorita mengimbau warga agar mempercayai apa yang diperingatkan di situs resmi BMKG saja. Dia juga meminta warga terus berdoa.

Baca juga: Kedua Orang Tua Bocah Selamat dari Reruntuhan Gempa Cianjur Meninggal Dunia

“Percaya pada info BMKG aja, sambil tetap doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, insyaallah semua minta perlindungan pada Allah, jangan percaya pada hoax,” jelasnya.

Diketahui, pada Senin (21/11/2022), pukul 13.21 WIB kemarin, Cianjur, Jawa Barat, diguncang gempa magnitudo 5,6. Korban jiwa dalam peristiwa itu mencapai ratusan jiwa.

[Laporan Kiki]

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan
Penulis
Aries Setiawan