Pantau Flash
Menteri PPPA Ungkap UU Ketenagakerjaan Tumpang Tindih Soal ASI 6 Bulan
Pemerintah Siapkan Pendanaan Vaksin COVID-19 Sebesar Rp5 Triliun
Bandung Buka Sekolah Tatap Muka Mulai 18 Agustus 2020
Gempa Bumi Magnitudo 5,3 Guncang Maluku Utara
Menteri Edhy: Saya Bukan Menteri Kelautan dan Periklanan

12 Makanan Terbaik untuk Anda yang Berusia 40 Tahun Keatas

12 Makanan Terbaik untuk Anda yang Berusia 40 Tahun Keatas Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Setelah mencapai usia 40 tahun Anda perlu sering memantau metabolisme, massa otot, keseimbangan hormon, suasana hati, dan berat badan karena mungkin rentan terhadap masalah kesehatan yang mungkin belum Anda atasi ketika masih lebih muda.

Selain melakukan olahraga, cukup tidur dan mengurangi stres, makan makanan kaya nutrisi dapat membantu Anda mengurangi kekhawatiran terkait kesehatan di masa depan.

Baca juga: Infografis 5 Makanan Pengganti Nasi yang Miliki Rasa Lezat

Sarah Mirkin, ahli diet dan penulis 'Fill Your Plate, Lose The Weight,' membagikan daftar makanan yang menyediakan nutrisi untuk Anda di usia 40 tahun, berikut paparan singkatnya seperti dilansir Medical Daily dikutip Jumat (3/7/2020):

1. Flaxseed atau biji rami

Makanan ini sumber yang sangat baik untuk jantung dan asam lemak omega-3 untuk otak, lalu ada kandungan serat untuk kesehatan pencernaan jangka panjang.

2. Salmon

Salmon (dan ikan berlemak lainnya) kaya omega-3 dan protein tanpa lemak. Lemaknya memiliki lebih dari dua kali lipat kalori dari protein dan karbohidrat, tetapi membantu mengendalikan rasa lapar Anda. Ikan ini juga membuat kulit Anda bercahaya.

3. Alpukat

Buah ini mengandung potasium, tinggi lemak sehat, membantu menjaga kulit Anda tetap lembut, menyehatkan rambut dan membantu menurunkan tekanan darah.

4. Kacang - Kacang

Kacang tinggi serat, lemak sehat dan protein, sehingga bisa menjadi makanan ringan yang membantu penurunan berat badan. Selain itu, kandungan kacang juga membantu mengurangi risiko diabetes, penyakit jantung, dan kondisi kronis lainnya.

5. Selada air

Sayuran ini dikemas dengan air, vitamin C, vitamin A, dan antioksidan untuk melawan radikal bebas," yang berkontribusi pada kerusakan kulit dini.

6. Cokelat hitam

Coklat hitam kaya akan flavonol, yang melindungi jantung Anda, mengurangi risiko diabetes, dan menurunkan tekanan darah.

7. Sayuran berdaun gelap

Sayuran seperti bayam, kangkung, dan sawi, mengandung vitamin K, lutein, folat, kalsium, dan beta karoten dalam jumlah tinggi, yang dapat menjaga fungsi memori.

8. Buah beri

Buah ini mengandung serat yang bisa menghentikan rasa lapar sementara waktu. Pigmentasi gelap berarti buah ini mengandung antioksidan dan fitokimia yang bisa melawan penyakit.

9. Bawang putih

Untuk wanita berusia di atas 40 tahun, bawang putih adalah ramuan penambah kesehatan. Studi menunjukkan salah satu bumbu dapur ini bisa meminimalkan keropos tulang (osteoporosis) dengan meningkatkan kadar estrogen. Selain itu, bawang putih juga kaya nutrisi dengan sangat sedikit kalori.

Baca juga: Manfaat Makanan Sehat Ini Akan Hilang Jika Salah Cara Mengonsumsinya

10. Greek yogurt

Yogurt ini sumber kalsium, mineral penguat tulang. Gree yogurt memiliki konsistensi yang lebih tebal daripada yogurt lain, memiliki lebih banyak protein di samping kultur pendukung usus yang aktif.

11. Extra-Virgin olive oil

Pokok dari diet Mediterania, minyak extra-virgin mengandung lemak tak jenuh yang sehat yang memiliki sifat anti-inflamasi untuk meningkatkan kesehatan jantung yang optimal.

12. Telur

Makanan dikemas dengan vitamin D yang meningkatkan kesehatan tulang, kolin yang meningkatkan kesehatan otak dan protein yang membantu otot.

"Kandungan lemak dan protein yang tinggi dalam telur membuat telur menjadi pilihan yang sangat baik untuk wanita di atas 40 tahun," kata Mirkin.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty

Berita Terkait: