Pantau Flash
Pencairan Gaji ke-13 PNS Masih 'Mengambang'
Tinjau Penanganan COVID-19, Doni hingga Menkes Terawan Sambangi Papua Barat
Komnas Anak Layangkan Panggilan ke-2 pada Lembaga Pimpinan Anies Baswedan
KPK Setor Rp500 Juta dari Perkara Kabid Pembangunan Jalan Muara Enim
Dua Pekan Lagi WHO Akan Umumkan Hasil Uji Klinis Obat COVID-19

5 Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

5 Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui Ilustrasi. (Foto: iStock)

Pantau.com - Ubi jalar merupakan salah satu tumbuhan yang bermanfaat dari keluarga umbi-umbian selain umbi ungu dan kentang. Banyak manfaat yang bisa didapat dari tumbuhan yang satu ini, selain itu harganya pun sangat murah, dan juga mudah di dapat dimanapun ketika Anda membeli sayuran.

Ubi jalar masuk kedalam golongan sayuran dari akar umbi yang berasal dari Amerika Tengah. Sayuran ini memiliki banyak kandungan vitamn dan mineral, bahkan lebih sehat daripada kentang biasa.

Ubi jalar mengandung beta-karoten, vitamin E, C dan B-6, kalium dan zat besi. Keuntungan terbesar yang mereka miliki dibandingkan kentang biasa adalah bahwa mereka memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, yang membuatnya ramah diabetes, seperti yang baru-baru ini diklasifikasikan.

Ubi jalar juga memiliki kemampuan unik untuk menghasilkan sporamin, yang mengurangi jumlah kerusakan oksidatif pada organ-organ internal dalam tubuh kita.

Berikut adalah manfaat luar biasa dari ubi jalar untuk kesehatan yang jarang orang ketahui.

1. Anti-inflamasi

Ubi jalar mengandung anthocyanin, yang dikenal karena sifat anti-inflamasinya yang kuat. Mereka mengurangi peradangan pada organ dan mencegah kerusakan yang disebabkan olehnya. Jumlah fibrinogen yang ada di dalamnya juga membantu dalam pembekuan darah.

Baca Juga: 5 Jus Detox Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

2. Mengurangi Tanda-tanda Penuaan

Mereka tinggi karoten dan beta-karoten, yang membantu dalam pembuatan vitamin A dalam tubuh. Ini memperkuat penglihatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Mereka juga bertindak sebagai antioksidan kuat yang mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh kita, sehingga mengurangi tanda-tanda penuaan.

3. Baik untuk Kesehatan Jantung

Tingginya kadar kalium dalam ubi jalar membantu dalam mengatur detak jantung. Mereka juga meningkatkan fungsi otot dan saraf tubuh kita. Mereka membantu mengendurkan otot dari ketegangan dan membantu mereka pulih lebih cepat dari cedera. Magnesium yang terkandung di dalamnya penting untuk arteri dan otot jantung yang sehat.

4. Membantu Melawan Pilek dan Flu

Ubi jalar mengandung vitamin C, yang membantu tubuh melawan pilek dan flu, yang biasa terjadi di sepanjang tahun ini. Sayuran ini juga dikenal untuk menangkal patogen penyebab kanker dalam tubuh kita.

Baca Juga: Dimakan Mentah? Siapa Takut, 5 Makanan Ini Ini Buktinya

5. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambuts

Senyawa tertentu dalam ubi jalar meningkatkan elastisitas kulit dan membantu menangkal tanda-tanda penuaan. Mereka juga dikenal untuk memperbaiki tekstur kulit dan menghilangkan bintik-bintik gelap. Ubi jalar telah digunakan sejak lama untuk meningkatkan ketebalan rambut dan juga meningkatkan pertumbuhan rambut.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - SIG

Berita Terkait: