Pantau Flash
Baleg DPR Agendakan Raker dengan Pemerintah Sebelum Bahas RUU Ciptaker
PSBB DKI Jakarta Berlaku Mulai Jumat 10 April 2020
Laboratorium Rapid Test PCR Korona RSPAD Gatot Soebroto Segera Beropersi
Pemerintah: 14.354 Spesimen Telah Diperiksa untuk Deteksi COVID-19
Menkeu: 11,9 Juta Nasabah KUR Dapat Penundaan Cicilan Pokok dan Bunga

5 Obat Rumahan yang Efektif Atasi Gangguan Tidur

5 Obat Rumahan yang Efektif Atasi Gangguan Tidur Obat Rumahan. (Foto: 123rf)

Pantau.com - Ketika tidur Anda terganggu karena kesulitan bernafas maka Anda akan menderita gangguan tidur serius yang dikenal sebagai sleep apnea. Jika Anda sering menghadapi masalah ini maka perlu segera diperiksa, jika tidak maka akan menyebabkan kondisi kesehatan serius lainnya seperti depresi, diabetes, dan juga peningkatan risiko masalah jantung. 

Untuk kondisi seperti ini tidak ada tindakan pengobatan yang lebih baik daripada mengambil pengobatan rumahan. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah gangguan tidur.

Jadi apa sebenarnya yang menyebabkan sleep apnea? Ketika ritme pernapasan normal seseorang terkena karena penyumbatan di saluran udara, itu mengarah ke suatu kondisi yang disebut sleep apnea. Ini mempengaruhi kualitas tidur, menyebabkan mendengkur berlebihan, menyebabkan terbangun di tengah tidur dengan kesulitan bernafas dan juga menyebabkan mulut kering. 

Bagi mereka yang mengalami obesitas, memiliki masalah jantung dan memiliki kebiasaan merokok berlebihan dan minum alkohol dan mereka yang memiliki riwayat sleep apnea keluarga adalah di antara mereka yang berisiko lebih tinggi. Oleh karena itu, membawa perubahan dalam gaya hidup juga membantu mencegah sleep apnea. 

Berikut adalah langkah-langkah perawatan alami untuk menghilangkan gejala gangguan tidur atau yang biasa disebut dengan sleep apnea.

Baca Juga: Kenali Sleep Apnea, Gejala Gangguan Tidur yang Bisa Berujung Kematian

1. Bawang Putih

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Bumbu dapur yang satu ini dikenal karena sifat anti-inflamasinya, mengonsumsi 2-3 siung bawang putih setiap pagi dengan perut kosong meningkatkan pernapasan dan tidur yang tepat. 

2. Susu Kunyit 


Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Tambahkan satu sendok teh kunyit ke dalam susu mendidih dan kemudian terus mendidih selama beberapa menit. Angkat dari kompor, biarkan susu menjadi cukup hangat untuk diminum. Mimum susu kunyit setengah jam sebelum tidur dapat membantu mengobati sleep apnea secara efektif.

3. Kayu Manis


Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Obat penenang dalam kayu manis membantu dalam mengobati masalah pernapasan dan membantu dalam tidur lebih baik. Tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam secangkir air panas dan minum ini sekali sehari.

4. Kapulaga


Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Kapulaga dikenal karena sifat dekongestannya. Ini membantu membuka saluran hidung yang tersumbat dan meningkatkan tidur. Tambahkan sedikit bubuk kapulaga ke dalam segelas air hangat, campur dengan baik, lalu minumlah setengah jam sebelum tidur.

Baca Juga: Sering Dianggap Sepele, 5 Gangguan Tidur Ini Harus Diwaspadai Lho

5. Madu


Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Dikenal karena sifat anti-peradangannya, madu membantu mengurangi pembengkakan di tenggorokan yang menyebabkan masalah pernapasan. Ini pada gilirannya membantu mencegah sleep apnea. Tambahkan satu sendok teh madu ke air hangat dan kemudian minum sebelum tidur.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - SIG

Berita Terkait: