Pantau Flash
PSBB di Kota Bekasi Diperpanjang hingga 2 Juli 2020
PSBB Masa Transisi, Gojek: Driver Dapat Layani Penumpang 8 Juni
Rapimnas Gerindra Minta Prabowo Kembali Pimpin Partai
Akibat COVID-19, BKPM Akan Revisi Target Realisasi Investasi
BMKG Prediksi Banjir Rob di Cirebon Terjadi hingga 6 Juni

6 Tanda Anda Alergi Alkohol, Salah Satunya Mual

6 Tanda Anda Alergi Alkohol, Salah Satunya Mual Ilustrasi alkohol. (Shutterstock)

Pantau.com - Setelah minum beberapa gelas alkohol, beberapa orang mulai merasakan gejala yang mirip dengan serangan dystonia vegetovaskular, reaksi alergi, atau penyakit lainnya. Parahnya lagi, mereka bahkan tidak menyadari bahwa efek samping yang tidak menyenangkan itu disebabkan oleh alkohol.

Ada dua jenis intoleransi alkohol, yakni bawaan yang merupakan fitur yang ditentukan secara genetik, di mana tubuh tidak dapat memproses etanol dan metabolitnya. Kedua, intoleransi alkohol yang didapat timbul dari penggunaan obat-obatan, penyakit, atau cedera.

Biasanya, setelah alkohol masuk ke dalam darah, etanol perlahan-lahan dipecah menjadi asetaldehida, yang kemudian diproses oleh enzim untuk waktu yang cukup lama. Orang dengan intoleransi alkohol memiliki distorsi aktivitas enzimatik dalam tubuh mereka. Yang berarti alkohol larut terlalu cepat dan asetaldehida terkonsentrasi dalam darah dan memicu timbulnya berbagai gejala yang tidak menyenangkan.

Dilansir dari laman Bright Side, berikut tanda-tanda intoleransi alkohol yang mungkin tidak Anda sadari.

Baca juga: Studi Ungkap Kematian Akibat Konsumsi Alkohol Meningkat, Terutama Perempuan 


Ilustrasi alkohol. (Pixabay)

1. Fluktuasi tekanan darah

Orang dengan tekanan arteri tinggi sering menderita nyeri yang berdenyut di pelipis, tinitus, dan pusing. Jika tekanan, sebaliknya, berkurang, maka gejalanya bisa berupa kehilangan penglihatan, lesu, dan pusing.

2. Hidung beringus

Kita terbiasa menerima gejala seperti bersin, hidung tersumbat, dan sesak napas seperti halnya flu biasa. Namun, sumber gejala sebenarnya berasal dari intoleransi alkohol. Ada sejumlah besar kapiler di mukosa hidung. Ketika terkena etanol, edema berkembang pada mereka, membuatnya sulit untuk bernapas dan menyebabkan hidung tersumbat.

Ilustrasi alkohol. (Pixabay)

3. Migrain

Migrain hampir pasti akan terjadi jika Anda minum terlalu banyak. Jika Anda tahu bahwa Anda belum minum terlalu banyak tetapi masih mengalami migrain, itu bisa menjadi tanda intoleransi alkohol. Dalam hal ini, migrain akan disebabkan oleh pelepasan histamin.

Baca juga: 6 Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Anda Berhenti Minum Alkohol

4. Mual

Mual dan muntah tidak akan mengejutkan jika Anda berlebihan dengan minum koktail, tetapi bagi mereka yang tidak toleran alkohol, gejala-gejala ini dapat muncul bahkan setelah sejumlah kecil minum alkohol.

Ilustrasi alkohol. (Shutterstock)

5. Diare

Diare dapat menyerang pada saat yang paling tidak tepat. Dan kebanyakan ini disebabkan oleh camilan berkualitas rendah. Namun, tidak selalu demikian. Jika Anda memperhatikan bahwa ini terjadi pada Anda setelah minum sedikit alkohol, mungkin saja Anda memiliki intoleransi terhadapnya.

6. Kemerahan pada kulit

Kemerahan kulit pada wajah dan tubuh seseorang adalah tanda paling umum dari intoleransi alkohol. Beberapa orang bahkan memiliki lepuh kecil yang terlihat seperti gatal-gatal itulah sebabnya sering bingung dengan reaksi alergi. Pertama, bintik-bintik muncul di wajah dan kemudian mereka dapat ditemukan di tubuh. Ini terjadi tidak merata: mereka berada di tempat yang kacau dan menyerupai ruam. Untuk alasan ini, intoleransi alkohol sering disebut dengan Reaksi Flush Alkohol.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: