Dijamin Lebih Aman, Facebook Rilis Messenger Khusus Anak

Aplikasi Facebook Messenger Kids (Foto: BBC)Aplikasi Facebook Messenger Kids (Foto: BBC)

Pantau.com – Facebook merilis aplikasi pesan khusus untuk anak-anak. Bertajuk ‘Messenger Kids’, aplikasi ini dirancang untuk anak-anak di bawah 13 tahun.

Lalu mengapa Facebook meluncurkan aplikasi pesan khusus anak?

Product Manager Messenger Kids Loren Cheng mengatakan alasannya. Nyatanya ada lebih 20 juta anak di dunia yang berusia di bawah 13 tahun sudah menggunakan aplikasi pesan.

“Messenger Kids dibuat berdasarkan riset. Banyak para orangtua yang menginginkan aplikasi yang aman untuk anak. Akhirnya kami membuat aplikasi ini dengan dibantu oleh para ahli,” kata Cheng, dilansir BBC, Selasa (5/12/2017).

Aplikasi Facebook Messenger Kids (Foto: BBC)

Dalam pengembangan Messenger Kids, Facebook bekerjasam dengan Children’s Online Privacy and Protection Act (COPPA), yaitu lembaga hukum yang melindungi anak-anak di bawah umur dari eksploitasi di dunia maya.

Messenger Kids hampir sama dengan aplikas pesan standar, penggunanya bisa mengirimkan teks, video, GIF, dan foto. Namun, di aplikasi ini para orangtua dapat mengawasi aktivitas anak-anaknya.

Seperti tiap kali anak online di Messenger Kids, para orangtua akan mendapatkan pemberitahuan. Selain itu, orang-orang yang ingin chat dan berteman dengan anak harus mendapatkan persetujuan orangtua.

Facebook menjamin aplikasi pesan Messenger Kids tidak ada iklan. Dan, data-data penggunanya yang rata-rata masih di bawah umur akan aman.

Aplikasi Facebook Messenger Kids (Foto: BBC)

Meski mendapat sambutan positif dari para orangtua, tapi sebuah lembaga nirlaba yang bertujuan mensejahterakan anak dan keluarga, Common Sense Media, mengungkapkan kekhawatirannya terhadap aplikasi Messenger Kids.

Menurut mereka, aplikasi pesan khusus anak ini memang baik. Tapi, ke depannya bisa sangat membahayakan.

“Tanpa sebuah kebijakan yang jelas tentang data-data penggunanya dan apa yang diposting anak-anak, maka kita tidak boleh sepenuhnya mempercayai aplikasi ini,” kata James Steyer, Chief Executive Common Sense Media.

Saat ini, Aplikasi Messenger Kids baru tersedia di Amerika Serikat dan hanya untuk pengguna iOS. Belum diketahui kapan aplikasi itu menyambangi Indonesia dan sistem operasi Android.

Tim Pantau
Sumber Berita
bbc.com
Editor
Tommy Adi Wibowo