Pantau Flash
Hasil Survei: Ahok Unggul Atasi Banjir-Macet Ketimbang Anies
Ahsan/Fajar Bawa Indonesia Juara Badminton Asia Team Championships 2020
Andre Rosiade Grebek Prostitusi Online, Gerindra: Itu Tidak Salah
5.518 SPBU Akan Dipasang Digital Nozzle
Menko Luhut Beberkan Upaya Indonesia Tekan Defisit Perdagangan

Duh, Berjongkok di Toilet Umum Bisa Jadi Berbahaya Lho

Duh, Berjongkok di Toilet Umum Bisa Jadi Berbahaya Lho Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kebanyakan toilet umum saat ini menggunakan toilet duduk yang terkadang membuat kita khawatir dengan kebersihannya.

Beberapa dari kita mungkin akan menutupi dudukan toilet dengan tisu atau justru berjongkok di atasnya. Karena khawatir kemungkinan terkena bakteri dan kuman dari kloset ke tubuh atau alat kelamin kita dan berisiko infeksi.

Namun ternyata kemungkinan tertular penyakit atapun infeksi dari toilet umum sangat kecil. 

Baca juga: Sejarah Toilet Mulai dari 'Buang Hajat' Berjamaah Hingga Jadi Pakan Babi

Melansir dari Mirror UK, Dr Preethi Daniel mengatakan kuman dan bakteri baru bisa tertular kalau ada kontak langsung dengan saluran kencing atau melalui luka terbuka di kaki dan bokong.

Menurutnya, justru perilaku yang seakan 'mencegah' penularan bakteri itu bisa lebih berbahaya. Seperti repot membersihkan dan mencoba untuk berjongkok. Hal itu dinilai lebih berisiko tinggi terkena infeksi saluran kencing (ISK).

"Sibuk berjongkok atau berusaha untuk tidak menyentuh dudukan toilet dan terburu-buru keluar dari toilet justru perilaku yang bisa menyebabkan kita terkena infeksi saluran kemih. Tidak benar-benar mengosongkan kandung kemih, karena terburu-buru atau berjongkok, justru mengekspos tubuh kita pada bakteri yang membahayakan," jelasnya. 

Baca juga: Waduh, Ternyata Wadah Sabun di Restoran dan Toilet Umum Sarang Bakteri

Satu-satunya penyakit yang bisa berisiko terkena saat kita berada di toilet umum yang kotor adalah yang disebabkan oleh bakteri E.coli atau Salmonella. 

Dr Daniel menyarankan saat menggunakan toilet umum adalah tidak lupa mencuci tangan dengan bersih atau menyiapkan hand sanitizer. 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati
Category
Ragam