Pantau Flash
Blak-blakan Menkes: Pemerintah Tidak Ada Rencana untuk Subsidi Test PCR
Maluku Utara Diguncang Gempa 5,1 Magnitudo, Berpusat di Kedalaman 92 Km
Kabar Gembira! Menkes Buka Peluang Vaksinasi Usia 5-11 Tahun Dimulai Awal 2022
Polri Ringkus Komplotan Judi dan Pornografi Online, Raup Rp4,5 Miliar per Bulan
Kapolda Sumut Copot Kapolsek Kutalimbaru, Buntut Ulah Anak Buahnya Cabuli Istri Tahanan

Jangan Asal Sarapan, Ada Lho yang Buruk untuk Kesehatan!

Jangan Asal Sarapan, Ada Lho yang Buruk untuk Kesehatan! Ilustrasi. (Foto: Thinkstock)

Pantau.com - Sarapan sehat setiap hari tidak hanya menjaga kesehatan tubuh dan menghindarkan diri dari penyakit, namun juga bisa menjaga lingkar pinggang Anda tetap proporsional.

Tetapi hari-hari ini ketika orang terburu-buru pagi-pagi untuk bergegas ke kantor, mereka hampir tidak punya waktu untuk duduk diam dan menikmati makanan.

Mereka biasanya cenderung mengambil makanan sisa atau menyiapkan sesuatu yang hampir tidak memakan waktu beberapa menit. Sarapan seperti itu lebih baik daripada tidak sarapan.

Berikut ini beberapa kebiasaan sarapan umum yang semakin menambah berat badan.

1. Menambahkan Garam Terlalu Banyak

Garam adalah bagian penting dari memasak. Ini adalah penambah rasa, tetapi asupan yang terlalu banyak dapat menyebabkan peningkatan tingkat tekanan darah tinggi. Banyak sarapan kami diisi dengan makanan yang mengandung banyak garam seperti paratha, roti panggang Perancis, poha, telur goreng, dll .; bahkan untuk telur rebus pun orang membutuhkan garam. Jadi mengapa tidak mencoba bumbu lain seperti paprika, serpih cabai, oregano! Mereka bahkan menambah rasa pada makanan Anda tetapi membatasi kandungan garam.

Baca Juga: Sarapan yang Ideal Sebaiknya Jam Berapa?

2. Sarapan Tinggi Lemak

Dibutuhkan banyak waktu untuk membakar sarapan yang mengandung lemak tinggi. Dianjurkan untuk memiliki sesuatu yang ringan untuk sarapan Anda seperti semangkuk susu dengan cornflake dan beberapa topping buah atau roti panggang dengan telur rebus dan segelas jus. Sarapan tinggi lemak seperti mie & upma membuat Anda merasa kembung sepanjang hari. 

3. Serat Berlebih

Serat diperlukan untuk berfungsinya tubuh kita. Tapi terlalu banyak dalam sekali jalan bisa membuat Anda merasa kembung sepanjang hari. Dianjurkan untuk memiliki semangkuk gandum tanpa gula sebagai pilihan sarapan sehat.

Baca Juga: 5 Makanan Terbaik untuk Sarapan Sehat

4. Melewatkan Sarapan

Melewatkan sarapan untuk tidur dapat merusak kesehatan Anda. Ini mengganggu laju metabolisme dalam tubuh dan membuat Anda merasa lapar ketika bangun. Ini menghasilkan makan makanan berlebih sekaligus. Karena itu, tubuh menyimpan lemak ini yang bukan pertanda sehat untuk ukuran pinggang Anda. Jadi, sarapan adalah suatu keharusan. Hancurkan makanan Anda dengan jeda 2 jam untuk pencernaan yang baik. 

5. Menonton TV Saat Makan

Kebiasaan buruk menonton televisi sambil makan, seringkali bisa membuat Anda makan berlebihan tanpa sepengetahuan Anda. Seluruh konsentrasi Anda difokuskan pada televisi, bukan pada rasa atau tekstur atau jumlah makanan yang Anda konsumsi.

Tim Pantau
Editor
Kontributor - SIG
Penulis
Kontributor - SIG

Berita Terkait: