Pantau Flash
Liga 1 2020 Dimulai, Wakil Presiden Harapkan Kompetisi Sehat
Siap-siap, Beli Ponsel di Atas Rp7 Juta dari Luar Negeri Wajib Daftar IMEI
Arab Saudi Stop Umrah, Hidayat Nur Wahid: Baik Dilakukan untuk Cegah Korona
Lion Air Jemput 13.000 Jamaah Umrah Kembai ke Indonesia
Bank Indonesia Yakin Ekonomi Membaik di Semester II-2020

Sering Sembelit? 5 Buah Ini Ampuh Atasi Semua Masalah Perut

Sering Sembelit? 5 Buah Ini Ampuh Atasi Semua Masalah Perut Ilustrasi. (Foto: shutterstock)

Pantau.com - Membuang semua kotoran yang ada dalam perut bisa membuat Anda merasa jadi aktif dan lebih baik secara keseluruhan. Sembelit biasanya disebabkan oleh gangguan fungsi usus karena asupan air yang tidak memadai, serat yang tidak memadai dalam makanan, gangguan diet rutin atau rutin, stres dll.

Konstipasi yang berkepanjangan dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan seperti perut bengkak, wasir, fisura anus, prolaps dubur dll. Penting untuk mengamati perubahan pada pola pergerakan usus Anda yang biasa. Berbagai pengobatan rumahan membantu mengobati sembelit, seperti asupan makanan kaya serat, banyak minum air putih, olahraga teratur, yoga, meditasi untuk meredakan stres, dll.

Sebagian besar kasus sembelit terkait dengan gaya hidup dan pola makan yang tidak tepat dan tidak sehat. Jadi, sembelit adalah penyakit yang dapat menghalangi aktivitas Anda sehari-hari, belum lagi, fakta bahwa itu dapat membuat Anda merasa sangat tidak nyaman. Banyak orang yang menggunakan obat pencahar yang kuat untuk mendapatkan bantuan dari sembelit; Namun, obat pencahar dapat membahayakan usus Anda dalam jangka panjang.

Beberapa makanan baik untuk sistem pencernaan sedangkan yang lain menjadi beban. Bagaimana mencegah sembelit? Nah, memilih makanan yang makanan yang tepat dapat membantu Anda menjaga sistem tubuh Anda secara teratur.

Berikut ini beberapa buah paling bermanfaat yang dapat membantu meredakan semua masalah perut.

1. Pisang


Ilustrasi. (Foto: shutterstock)

Solusi yang efektif dan cepat untuk sembelit, pisang sangat efektif dalam mengobati masalah lambung karena membantu memulihkan fungsi usus dan dapat membantu mengobati diare. Mereka juga kaya akan kalium dan elektrolit yang membantu memulihkan kesehatan pencernaan yang baik. Jika Anda kesulitan pergi ke toilet, makanlah pisang utuh untuk mendapatkan bantuan.

Baca Juga: 5 Manfaat Lain Jambu Biji yang Tak Banyak Orang Ketahui

2. Jeruk


Ilustrasi. (Foto: shutterstock)

Jeruk Buah-buahan seperti jeruk memiliki banyak vitamin C pelunak dan serat untuk menjaga benda-benda tetap bergerak. Buah ini juga mengandung naringenin, flavonoid yang ditemukan para peneliti bisa berfungsi sebagai pencahar. Makan jeruk atau tambahkan ke dalam salad Anda.

3. Raspberry


Ilustrasi. (Foto: shutterstock)

Rasberi Mengandung serat ganda seperti stroberi, raspberry dapat membantu meningkatkan kotoran Anda untuk membantu makanan bergerak dengan lancar melalui sistem pencernaan. Berry juga membantu dalam mempromosikan pertumbuhan bakteri baik yang memfasilitasi peningkatan pencernaan. Anda dapat memasukkan beragam buah beri dalam diet Anda untuk memaksimalkan khasiat pencahar alami.

Baca Juga: Ini Akibatnya Jika Kamu Berlebihan Mengonsumsi Minuman Isotonik

4. Kiwi


Ilustrasi. (Foto: shutterstock)

Buah kiwi tunggal memiliki sekitar 2,5 g serat dan mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin K, vitamin C dan vitamin E, kalium dan folat. Kandungan serat dan air yang tinggi menjadikannya buah yang sangat baik untuk membuat perut Anda bergerak. Selain itu, kiwi adalah pencahar yang baik dan menyebabkan pembentukan tinja yang lebih besar dan lembut.

5. Apel


Ilustrasi. (Foto: shutterstock)

Apel Dikemas dengan serat pektin, mengonsumsi apel dapat membantu meringankan sembelit. Properti amfoter (bertindak sebagai basa dan asam) dari senyawa pektin dapat mengobati sembelit dan diare, tergantung pada kebutuhan tubuh Anda.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - SIG
Category
Ragam