Pantau Flash
Alami Pneumonia Akibat Korona, Musisi jazz Ellis Marsalis Meninggal Dunia
WP KPK Tolak Wacana Pembebasan Napi Koruptor Dampak Pandemi Korona
Penanganan COVID-19 di Jakarta Disebut Lebih Baik dari Jabar dan Banten
PSI pada Jokowi: Mudik Harus Dilarang, Kalau Imbauan Saja Tak Akan Efektif
Update COVID-19 3 April: 1.986 Kasus Positif, 134 Sembuh, 181 Meninggal

Tips Agar Bisnis Online Tetap Laku di Tengah Pandemi Korona dan Ramadan

Tips Agar Bisnis Online Tetap Laku di Tengah Pandemi Korona dan Ramadan Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Menjalankan bisnis di saat Ramadan dan pandemik virus korona baru atau COVID-19 bisa menjadi peluang bagus mendulang rupiah, asalkan mempertimbangkan sejumlah hal.

Head of Marketing di Facebook Indonesia, Hilda Kitti menekankan pentingnya memperlihatkan bisnis yang Anda bangun peduli pada konsumen Anda.

"Tunjukkan bisnis peduli sama konsumen. Alangkah baik pas marketing, dilakukan jangkau semua layar, di handphone, berbagai channel mobile platform. Pikirkan sinerginya," kata dia dalam Facebook Live : 2020 Ramadan Insight di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Baca juga: Yuk, Bikin Isolasi Diri karena Korona Jadi Seru dengan Berkeliling Museum

Kemudian, untuk menjadi bagian yang penting dalam percakapan dengan pelanggan, perhatikan bagaimana mereka yang menjalani Ramadan, menggunakan perangkat mobile untuk terhubung, mencari hiburan, mencari sesuatu dan berbagi. Intinya, berfokus pada tema.

Survei menunjukkan, 71 persen responden memasak makanan di rumah untuk sahur dan berbuka puasa, lalu 52 persen mengaku menghabiskan waktu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga.

Dalam hal konsumsi, 53 persen responden setuju Ramadan momen untuk membeli busana baru, sekaligus membeli hadiah untuk teman atau keluarga (46 persen). Selain itu, 67 persen responden juga mengatakan Ramadan momen memberikan donasi atau sumbangan.

Hal ini memberikan peluang bagi bisnis untuk menciptakan ide-ide terbaik, produk yang paling bermanfaat, atau tips penting selama momen Ramadan.

"Kuncinya adalah bahwa Ramadan merupakan momen spiritual yang sangat penting dan banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan perangkat mobile untuk mendukung ritual keagamaan mereka pada momen tersebut," tutur Hilda.

Baca juga: Ada Burger Korona di Vietnam, Juru Masak Ungkap Filosofi Perperangan

Untuk jenis produk yang diprediksi banyak diburu konsumen saat Ramadan, Hilda mengatakan produk makanan, minuman, fesyen dan alat kesehatan.

"Fesyen mungkin masih tetap banyak karena walau di rumah pasti ingin merayakan Idul Fitri. Ada peningkatan signifikan untuk produk berbau kesehatan karena banyak narasi beredar untuk menjaga kesehatan," kata dia.

Saat ini, media sosial salah satunya Facebook bisa Anda manfaatkan untuk melakukan kegiatan usaha, antara lain melalui fitur Facebook Business dan training online yang menyediakan beragam topik.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - TIH